Breaking News:

Berita Jember

Rektor Universitas Jember Iwan Taruna Resmikan Masjid Al Hikmah Unej

Sebuah masjid yang terlihat megah berdiri di ujung barat jalan kembar (double way) Universitas Jember (Unej). Tempat Masjid Al Hikmah berdiri

foto Humas Unej
Masjid Al-Hikmah Universitas Jember setelah direnovasi 

Penulis : Sri Wahyunik | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Sebuah masjid yang terlihat megah berdiri di ujung barat jalan kembar (double way) Universitas Jember (Unej). Tempat itu merupakan lokasi berdirinya Masjid Al-Hikmah Unej.

Namun wajah masjid tersebut baru, terlihat lebih besar dari masjid sebelumnya, dan lebih megah.

Wajah baru Masjid Al-Hikmah terlihat lebih segar karena seusai dipugar dan direnovasi. Selesainya renovasi masjid itu hanya beberapa hari menjelang datangnya Bulan Ramadan.

Peresmian Masjid Al-Hikmah dilakukan oleh Rektor Universitas Jember Iwan Taruna, Jumat (9/4/2021).

Renovasi Masjid Al-Hikmah membuat luas masjid bertambah empat kali lipat dari sebelumnya. Masjid itu nantinya bisa menampung 1.800 jamaah. Renovasi kali ini adalah renovasi total semenjak Masjid Al-Hikmah berdiri di dekade tahun 1980-an.

Baca juga: Gus Baha Tolak Bantuan Uang Miliaran Untuk Bangun Pesantren, Ini Alasan Gus Baha

Baca juga: Ramadan Jadi Extra Faedah dengan Smartfren Extra Unlimited Malam Full Speed

Baca juga: Akhirnya Terkuak Fakta Wanita ‘Bangkit’ Pasca Tewas Seminggu, Mbah Mijan Ingin Buat Tenang: Nyenyak

Iwan Taruna mengaku bersyukur renovasi masjid itu bisa selesai sebelum Bulan Ramadan. Apalagi, selama 10 bulan terakhir, proyek renovasi masjid itu dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19.

“Setelah Masjid Al-Hikmah jadi megah, kini tanggung jawab kita untuk memakmurkan masjid ini dengan berbagai kegiatan baik yang bernilai ibadah, kegiatan sosial keagamaan maupun kegiatan yang sifatnya membangun pendidikan karakter. Harapannya adalah bagaimana agar Masjid Al-Hikmah menjadi pusat syiar Islam yang ramah, moderat dan tentunya rahmatan lil alamin,” ujar Iwan dalam sambutannya.

Harapan Rektor Universitas Jember ditanggapi oleh Ketua Takmir Masjid Al Hikmah, Abdul Majid. Menurut dosen Fakultas Pertanian itu, pihaknya sudah memprogramkan berbagai kegiatan selain ibadah sholat fardhu untuk memakmurkan Masjid Al-Hikmah. Apalagi pekan depan sudah memasuki Bulan Ramadan

Beberapa kegiatan yang akan digelar antara lain kajian tematik setiap menjelang buka puasa, kegiatan khotmil Qur’an mingguan, juga gerakan Jumat Bersih yang melibatkan pengurus BEM setiap fakultas dan kegiatan lainnya.

“Jika kondisi sudah kondusif, kami berencana memberikan materi pendidikan karakter kepada mahasiswa baru secara bergiliran. Masjid Al-Hikmah juga menjadi pusat pembinaan bagi mahasiswa yang hafal Al Qur’an, bahkan mereka mendapatkan bantuan dan dukungan dari bank BRI,” jelas Abdul Majid kepada TribunJatim.com.

Masjid Al-Hikmah baru memiliki luasan kurang lebih 363 ribu meter persegi. Masjid itu terdiri atas dua lantai.

Berita tentang Universitas Jember

Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Yoni Iskandar
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved