Breaking News:

Apotek Online Lifepack

Ini Diagnosa Sakit Telinga yang Umum Terjadi

Sakit pada lubang telinga bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Adapun penyebab telinga sakit sebelah kanan atau kiri bisa terjadi karena

Freepik by jenoche
Ilustrasi sakit telinga 

Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA -Sakit pada lubang telinga bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Adapun penyebab telinga sakit sebelah kanan atau kiri bisa terjadi karena beberapa kondisi kesehatan. Biasanya, dokter memeriksa apakah sakit yang dialami merupakan gejala penyakit telinga yang lebih serius atau hanya gejala sakit ringan yang bisa diobati dengan rawat jalan.

Penyebab Sakit Telinga
Aktivitas sehari-hari bisa saja terhambat ketika telinga terasa sakit. Berikut beberapa hal yang mungkin jadi penyebab telinga terasa sakit, terutama penyebab yang perlu penanganan khusus dengan cepat dan tepat.

Otitis eksterna
Ini adalah gejala penyakit yang sering terjadi ketika sejumlah air terperangkap di dalam lubang telinga. Biasanya hal ini terjadi saat penderita sedang mandi atau berenang. Gejala yang terlihat di antaranya adalah telinga yang terlihat bengkak, merah, sakit saat daun telinga ditarik, keluarnya cairan dari lubang telinga, hingga menurunnya fungsi pendengaran.

Penyakit ini bisa diatasi dengan perawatan medis. Biasanya dokter memberikan resep obat tetes telinga yang mengandung antibiotik untuk meredakan gejala otitis eksterna.

Otitis media
Jika gejala yang kamu rasakan adalah telinga yang terasa nyeri, mulai merasa demam, hingga munculnya cairan berwarna kuning dari lubang telinga, maka bisa jadi kamu menderita otitis media. Kondisi ini disebabkan inflamasi atau infeksi di bagian telinga tengah. 

Perubahan tekanan udara
Penyebab yang satu ini sering kali dialami ketika sedang naik pesawat, lift, atau saat naik mobil ke daerah pegunungan. Keadaan di dataran tinggi dapat membuat telinga terasa sakit, berdenging, dan agak tersumbat. Hal itu dikarenakan adanya perubahan tekanan udara.

Baca juga: Kupas Tuntas Sakit Ulu Hati Bareng Tim Lifepack, Kenali Penyebabnya dan Cara Terbaik Mengatasinya

Untuk mengatasinya, kamu bisa menutup lubang telinga dengan penutup lubang telinga atau earphone untuk mengurangi rasa berdenging. 

Selain itu, kamu juga bisa menghilangkannya dengan mengunyah permen karet serta melakukan gerakan menguap atau bersendawa.

Penumpukan kotoran di telinga
Penyebab telinga sakit sebelah kanan atau kiri juga bisa terjadi karena adanya penumpukan kotoran atau serumen yang terletak di saluran telinga. 

Halaman
123
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved