Breaking News:

Berita Jember

Salat Idul Fitri 1442 H di Jember Berbasis Lingkungan Mikro, Jamaah Diminta Bawa Kantong Alas Kaki

Salat Idul Fitri 1442 H di Zona Oranye Covid-19 diperbolehkan. Bupati Jember Hendy Siswanto imbau jamaah bawa kantong alas kaki.

TribunJatim.com/Sri Wahyunik
Sosialisasi pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di Kabupaten Jember. 

Reporter: Sri Wahyunik | Editor: Heftys Suud

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jember akhirnya menerapkan panduan pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 Hijriyah/2021 berdasarkan Surat Edaran (SE) Gubernur Jawa Timur tentang Penyelenggaraan Salat Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah/2021 di masa pandemi Covid-19. SE tersebut baru diteken pada 10 Mei 2021.

Pemkab Jember langsung menyosialisasikan SE tersebut.

"Jadi semalam, saya bersama kepala daerah se-Jawa Timur rapat secara virtual bersama dengan Gubernur Jawa Timur, sampai jam 12 malam. Akhirnya tadi pagi, Gubernur membikin surat edaran. Baru diteken pagi tadi, dan siang ini langsung kami sosialisasikan kepada takmir masjid di Jember," ujar Bupati Jember Hendy Siswanto usai sosialisasikan SE gubernur itu di Pendapa Wahyawibhawagraha, Jember, Senin (10/5/2021).

Ada narasi yang sedikit berbeda dalam SE Gubernur Jatim, dengan SE Menteri Agama tentang Panduan Penyelenggaraan Salat Idul Fitri 1442 H di masa pandemi virus Corona ( Covid-19 ).

Perbedaan itu di narasi pelaksanaan Salat Idul Fitri 1442 H di Zona Oranye.

Baca juga: Dilarang Takbir Keliling di Lamongan, Jamaah Salat Idul Fitri 1442 H Terbatas 50% dari Kapasitas

Jika SE Menag RI melarang pelaksanaan Salat Idul Fitri di zona oranye, maka di SE Gubernur Jatim masih ada toleransi, kawasan berzona oranye masih boleh menggelar Salat Idul Fitri, namun hanya 15 persen dari kapasitas tempat ibadah.

Secara keseluruhan, bunyi dari dua SE tersebut hampir sama, yakni antara lain pelarangan takbir keliling, dibolehkannya pelaksanaan Salat Idul Fitri di zona kuning dan hijau dengan ketentuan 50 persen dari kapasitas tempat ibadah yang dipakai.

SE gubernur juga mengatur secara detil pelaksanaan Salat Idul Fitri, terutama dari sisi protokol kesehatan.

Halaman
123
Penulis: Sri Wahyunik
Editor: Hefty Suud
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved