Breaking News:

Berita Jatim

BPET MUI Kecam Pembantaian 4 Warga Oleh Teroris MIT: Nodai Kesucian Ramadan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam pembantaian empat orang petani warga asal Toraja, Sulawesi Selatan, yang dilakukan oleh anggota kelompok teror

Tribunnews.com/Tribun Lampung
Ilustrasi teroris 

Reporter: Luhur Pambudi | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA-Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam pembantaian empat orang petani warga asal Toraja, Sulawesi Selatan, yang dilakukan oleh anggota kelompok teror Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pada Selasa (11/5/2021) kemarin.

Ketua Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme (BPET) MUI, Muhammad Syauqillah mengatakan, perilaku tersebut sangat jauh dari norma ajaran agama apa pun, apalagi Agama Islam.

Kekejian tindakan mereka tak pelak juga menodai kesucian Bulan Ramadan. Bagi Syauqi, tak ubahnya bentuk lain dari aksi teror kelompok Zionis Israel yang dilancarkan ke Palestina, beberapa waktu lalu, bahkan hingga saat ini.

"Apalagi peristiwa tersebut dilakukan di bulan Ramadan. Perilaku mereka selain keji juga menodai kesucian ramadan," ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima TribunJatim.com, Rabu (12/5/2021).

Syauqi berharap pemerintah pusat maupun daerah segera melakukan langkah-langkah agar insiden tersebut segera ditangani, sekaligus mengantisipasi agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

Oleh karena itu, BPET MUI siap membantu pemerintah dalam menangkal potensi kekerasan kelompok teror tersebut, dari hulunya.

"Untuk itu BPET siap membantu pemerintah dalam hal ini," ujarnya.

Selain menyampaikan ungkapan bela sungkawa terhadap para keluarga korban. Selama proses penegakan hukum yang masih terus diupayakan oleh pihak kemananan; Polri dan TNI, Syauqi berharap kepada warga Poso secara umum untuk tidak terprovokasi, maupun reaksioner menyikapi peristiwa tersebut.

"Kami mengimbau masyarakat untuk senantiasa waspada dan melaporkan setiap kejadian yang mencurigakan kepada aparat keamanan," pungkasnya

Halaman
12
Penulis: Luhur Pambudi
Editor: Januar Adi Sagita
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved