Breaking News:

Berita Pemprov Jatim

Didanai Khofifah Rp 9 Miliar, Ridwan Kamil Janji akan Desainkan Masjid Islamic Center Jadi 'Wow'

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pembangunan masjid Islamic Center yang akan diarsiteki oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan K

Penulis: Fatimatuz Zahroh
Editor: Ndaru Wijayanto
surya/sugiharto
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Islamic Center bersama Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Gubernur Jatim Emil Elestianto Dardak, Sabtu (29/5/2021). 

Reporter: Fatimatuz Zahroh I Editor: Ndaru Wijayanto

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memastikan bahwa pembangunan Masjid Islamic Center yang akan diarsiteki oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan direalisasikan di tahun 2021 ini. 

Bahkan alokasi anggarannya sudah terplot dalam APBD 2021 yaitu sebesar Rp 9 miliar. Begitu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil rampung membuat desain arsitektur baru untuk masjid Islamic Center, maka pembangunan akan langsung dilaksanakan. 

Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Gubernur Khofifah, di sela mendampingi Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau lokasi kawasan Islamic Center Surabaya, dan menunjukkan masjid yang ingin didesain ulang bangunan arsitekturnya, Sabtu (29/5/2021) sore. 

"Saya waktu itu (dalam kunjungan di Gedung Sate), saya bilang kalau anggaran alokasinya Rp 9 miliar. Saya bilang begitu tapi kan nggak tahu nanti dinamika arsitekturnya, desainnya," kata Khofifah. 

Ia sengaja meminta Ridwan Kamil mengarsiteki masjid Islamic Center, agar Islamic Center Jawa Timur itu memiliki kenunggulan dan keunikan tersendiri. Sehingga diharapkan menjadi ikon dan kebanggaan warga Jawa Timur nantinya. 

"Selesai desainnya, nanti langsung bisa mulai pembangunan. Yang jelas anggarannya ada di tahun ini," tegasnya. 

Lebih lanjut, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebutkan bahwa saling membantu antar daerah seperti ini adalah seharusnya dilakukan sejak lama. Yang menunjukkan semangat saling membantu dan gotong royong. 

Setelah desain arsitektur masjid Islamic Center Jatim ini rampung ia buat  nantinya desain itu akan dihibahkan oleh Ridwan Kamil ke Pemprov Jatim. Sehingga bisa digunakan untuk lelang pembangunan masjid. 

Saat ditanya desain masjid yang akan ia buat, Ridwan mengaku akan membuat desain masjid yang cettar. Sesuai dengan tagline kepenimpinan Khofifah-Emil. 

"Pokoknya arsitekturnya akan cettar. Cettar artinya dari jauh bahasa visualnya akan wow gitu ya, bukan yang diam. Tapi agak sedikit Semarak," kata Gubernur yang akrab disapa Kang Emil ini. 

"Sehingga nangi akan menjadi masjid yang sangat unik dan orang akhirnya tertarik datang. Mungkin untuk wisata religi. Tapi kan tetap salat dulu apa dulu Makan dulu dan sebagainya," pungkasnya. 

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved