Breaking News:

Berita Madiun

Cegah Penambahan Kasus Covid-19, Maidi Kembali Tutup PKL dan THM Lebih Awal

Untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Madiun, Wali Kota Madiun, Maidi, mengeluarkan instruksi Wali Kota Madiun no 13 tahun 2021 tentang

Penulis: Rahadian Bagus | Editor: Januar
ISTIMEWA/TRIBUNJATIM.COM/KOMINFO KOTA MADIUN
Wali Kota Madiun, Maidi saat memberikan keterangan terkait penambahan kasus Covid-19 di Kota Madiun, Kamis (21/1/2021). 

Reporter: Rahadian Bagus | Editor: Januar AS

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Untuk mengendalikan penyebaran Covid-19 di Kota Madiun, Wali Kota Madiun, Maidi, mengeluarkan instruksi Wali Kota Madiun no 13 tahun 2021 tentang perpanjangan PPKM. Instruksi ini berlaku pada 15 Juni 2021 hingga 28 Juni 2021.

"Karena kasus Covid-19 meningkat terus, maka ada aturan baru lagi. PPKM kami persempit lagi, jualan (PKL) kami minta close jam 21.00, jam 22.00 lampu kita matikan lagi," kata Maidi, Rabu (16/6/2021) pagi.

Maidi menuturkan, selain aturan bagi PKL, juga terdapat beberapa aturan pembatasan bagi kegiatan lain. Di antaranya pengaturan pemberlakuan kegiatan hajatan/resepsi pernikahan, selamatan/kenduri/bancakan dan sejenisnya.

Warga yang menggelar hajatan, dilarang menggelar acara hiburan dan makan di tempat. Pihak keluarga yang mengikuti dan menyelenggarakan hajatan juga wajib menjalani rapid test.

"Untuk hajatan atau resepsi 50 tamu undangan tiap sesi, maksimal tiga sesi. Kalau tidak tertib kami bubarkan. Kami tidak ingin seperti tetangga kita. Kalau nanti sepertu tetangga kita, susah semua.  RS penuh, angka kematian tinggi, masyarakat jadi korban. Maka, lebih baik ada kebijakan yang sifatnya menyelamatkan semuanya," kata Maidi.

Sesuai yang tertuang dalam instruksi Walikota Madiun, pembatasan jam operasional juga diberlakukan bagi tempat hiburan malam (THM). Jam operasional THM dibatasi pukul 15.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB dengan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Baca juga: Penemuan Mayat di Sungai Karah, Tim Labfor Polrestabes Surabaya Hanya Temukan ATM

Untuk jam operasional warnet/ game online hingga pukul 21.00 WIB dengan pembatasan kapasitas maksimal 25 persen dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Sedangkan jam operasional kolam renang atau wisata air hingga pukul 17.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Dan untuk jam operasional pusat perbelanjaan, Mall, dan Bioskop, dibatasi hingga pukul
21.00 WIB dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat dan pembatasan kapasitas pengunjung maksimal 50 persen.

Sementara, jam operasional bagi rumah makan atau warung makan atau PKL dan usaha sejenisnya dimulai pada pukul 04.00 WIB hingga pukul 21.OO WIB. Untuk makan dan minum di tempat dengan pembatasan kapasitas maksimal 50 persen, serta dianjurkan untuk layanan makanan melalui pesanantar atau dibawa pulang dengan penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat.

Untuk diketahui, beberapa pekan terakhir angka kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Madiun terus meningkat. Berdasarkan data dari Kominfo Kota Madiun, pada Selasa (15/06/21) terdapat tambahan kasus sebanyak 19 orang.

Dengan demikian, jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kota Madiun menjadi 2852 orang, 191 di antaranya meninggal dunia. (rbp)

Kumpulan berita Madiun terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved