Berita Pemprov jatim

Khofifah Minta Pangkoarmada II Bantu Vaksinasi Warga Pasisir Pantura dan Tapal Kuda

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggandeng Koarmada II untuk menggencarkan vaksinasi bagi warga di kawasan pesisir

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Yoni Iskandar
HUmpas Pemprov jatim
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa saat bertemu dengan Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto di Gedung Negara Grahadi, Rabu (23/6/2021). 

Reporter : Fatimatuz zahroh | Editor : Yoni Iskandar

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menggandeng Koarmada II untuk menggencarkan vaksinasi bagi warga di kawasan pesisir.

Khofifah meminta agar Koarmada II mengkoordinasi vaksinasi warga pesisir Jawa Timur minimal di lima titik.

Hal itu disampaikan Khofifah saat bertemu dengan Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto di Gedung Negara Grahadi, Rabu (23/6/2021). Secara khusus Khofifah meminta agar vaksinasi di kalangan nelayan dan keluarga nelayan dibantu oleh Pangkoarmada, baik yang di pantura maupun tapal kuda.

“Kita mengajak Pangkoarmada II untuk melakukan vaksinasi bagi warga yang tinggal di pesisir pantai dan juga bagi warga yang aktivitasnya banyak di Tempat Pelelangan Ikan (TPI). Khususnya di TPI kita yang besar,” kata Khofifah.

TPI yang dimaksud Khofifah seperti di Brondong Lamongan, Muncar Banyuwangi, Puger Jember, juga Mayangan Probolinggo, juga di kawasan Madura. Dengan bantuan TNI angkatan laut, diharapkan akan memasifkan lagi kegiatan vaksinasi Jatim dan mempercepat terwujudkan kekebalan imunitas atau herd immunity.

“Jadi kami menyampaikan minimal lima pelabuhan lah. Kami minta mulai pantura hingga tapal kuda, juga kawasan. Kalau mereka ikut membantu paling tidak akan ringan, dan bisa dihitung misalnya yang vaksin jumlahnya berapa, nakesnya vaksinatornya butuh berapa, gitu,” tegasnya.

Baca juga: Vaksinasi di Surabaya Tembus 1,2 Juta Jiwa Lebih, Mulai Sasar Masyarakat Umum 18 Tahun ke Atas

Targetnya, dosis vaksinasi yang diterjunkan dengan menggandeng Koarmada tersebut mencapai 3 ribu hingga 6 rubu dosis. Pemprov Jatim akan berkolaborasi dengan Koarmada untuk teknisnya. Bahkan jika bisa tak hanya nelayannya yang divaksin, namun juga keluarga nelayan.

“Ini akan cepat. Karena vaksinator kabupaten, dari Koarmada juga Pemprov Jatim bisa bergabung. Sehingga maksimalisasi bisa dilakukan,” pungkas Khofifah kepada TribunJatim.com.

Di sisi lain, Pangkoarmada II Laksda TNI Iwan Isnurwanto mengaku siap dengan arahan Gubernur Khofifah terkait penggalakan vaksinasi. Ia siap untuk menerjunkan pasukan ke kawasan pesisir untuk vaksinasi yang dimaksud. Menurutnya vaksinasi juga menjadi amanah Panglima TNI untuk digalakkan oleh para pasukan TNI di daerah.

Pandemi Covid-19 harus diperangi bersama dengan dua pilar. Yaitu yang pertama adalah vaksinasi covid-19 agar tercipta kekebalan komunitas, dan yang kedua adalah penebalan PPKM mikro.

“Hari ini Alhamdulillah dari pertemuan ini saya yakin tugas ke depan yang kita laksnakan khususnya menurunkan kasus Covid bisa terlaksana dengan baik. Semakin cepat kita bisa memeranginya semakin cepat pula kita bisa membuat wilayah kita hijau kembali,” tegasnya.

Berita tentang 

Berita tentang vaksinasi massal

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved