PT KAI Daop 8 Batalkan Perjalanan KA

Selama PPKM Darurat, Stasiun Malang Hanya Melayani 3 Perjalanan KA Jarak Jauh, Berikut Daftarnya

Selama penerapan PPKM Darurat di Kota Malang, Stasiun Malang hanya melayani 3 perjalanan KA jarak jauh, berikut daftarnya!

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Rifki Edgar
Stasiun Malang, Sabtu (3/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Saat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Kota Malang, yang dimulai pada 3-20 Juli 2021, Stasiun Malang hanya membuka tiga perjalanan kereta api (KA) jarak jauh di dua daerah, yakni Jakarta dan Bandung

Ketiga perjalanan KA jarak jauh itu meliputi KA Gajayana relasi Malang-Gambir Jakarta, KA Malabar relasi Malang-Bandung, dan KA Jayabaya relasi Malang-Pasar Senen Jakarta.

Ketiga daerah itu tidak termasuk daftar perjalanan yang dibatalkan oleh PT KAI Daop 8 Surabaya.

Di mana yang dibatalkan ialah KA Brawijaya relasi Malang-Gambir Jakarta (PP), KA Kertanegara relasi Malang-Purwokerto (PP) dan KA Matarmaja relasi Malang-Pasar Senen Jakarta (PP).

Selama masa PPKM Darurat ini, Manager Humas Daop 8 Surabaya, Luqman Arif mengatakan, pelanggan kereta api jarak jauh di Daop 8 Surabaya wajib menunjukkan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR maksimal 2x24 jam atau rapid test antigen maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan. 

Selain itu, pelanggan juga diharuskan menunjukkan kartu vaksin minimal vaksinasi Covid-19 dosis pertama.

"Aturan itu nantinya akan diterapkan sejak 5-20 Juli 2021," ucapnya, Sabtu (3/7/2021).

Bagi pelanggan dengan kepentingan khusus yang belum atau tidak divaksin dengan alasan medis tetap dapat menggunakan kereta api jarak jauh.

Syaratnya pun harus dengan menunjukkan surat keterangan dari dokter spesialis dan disertai surat negatif RT-PCR atau rapid test antigen yang masih berlaku.

"Untuk pelanggan di bawah 18 tahun tidak diharuskan menunjukkan kartu vaksin. Begitu juga untuk pelanggan di bawah 5 tahun juga tidak diharuskan menujukkan hasil RT-PCR atau rapid test antigen," ucapnya.

Baca juga: PPKM Darurat di Kota Blitar Mulai Hari Ini, Tempat Ibadah Tutup Sementara, Petugas Gelar Penyekatan

Luqman menambahkan, setiap pelanggan harus dalam kondisi sehat (tidak menderita flu, pilek, batuk, hilang daya penciuman, diare, dan demam).

Suhu badan tidak lebih dari 37,3 derajat celsius, serta memakai masker kain 3 lapis atau masker medis yang menutupi hidung dan mulut.

Adapun untuk pelanggan KA lokal dan KA aglomerasi tidak diwajibkan untuk menunjukkan kartu vaksin Covid-19 dan surat keterangan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid test antigen

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved