Breaking News:

Berita Kota Blitar

PPKM Darurat di Kota Blitar, Pemkot Bebaskan Pajak untuk Hotel dan Tempat Hiburan Selama Sebulan

PPKM Darurat di Kota Blitar, pemkot membebaskan pajak untuk hotel dan tempat hiburan selama sebulan, yakni pada Juli 2021.

Penulis: Samsul Hadi | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Samsul Hadi
Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes, Kamis (8/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Samsul Hadi

TRIBUNJATIM.COM, BLITAR - Pemkot Blitar membebaskan pajak daerah bagi pelaku usaha restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir selama satu bulan pada Juli 2021.

Pembebasan pajak daerah selama sebulan itu merupakan insentif dari Pemkot Blitar dampak dari penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat di Kota Blitar mulai 3-20 Juli 2021.

Kepala Badan Pendapatan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Blitar, Widodo Sapto Johanes mengatakan, pemberian insentif pajak daerah kepada pelaku usaha itu berdasarkan Surat Edaran (SE) Wali Kota Blitar. 

SE Wali Kota soal pemberian insentif pajak daerah kepada pelaku usaha selaras dengan Instruksi Mendagri Nomor 15 Tahun 2021 tentang PPKM Darurat Wilayah Jawa-Bali. 

"Selama penerapan PPKM Darurat, kami memberikan insentif pajak daerah selama sebulan bagi wajib pajak restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir," kata Widodo, Kamis (8/7/2021). 

Dikatakannya, sesuai SE Wali Kota Blitar, wajib pajak restoran, hotel, tempat hiburan, dan parkir yang tidak memungut pajak kepada konsumen, diberikan insentif berupa pembebasan selama satu bulan masa pajak yaitu pada Juli 2021.

Sedangkan bagi wajib pajak restoran, hotel, dan tempat hiburan yang masih memungut pajak kepada konsumen diberikan insentif berupa penundaan pembayaran pajak untuk Juli 2021 sampai dengan paling lambat 31 Oktober 2021.

"Tetapi, para wajib pajak itu tetap harus melaporkan SPTPD pada Juli 2021 ke BPKAD," ujarnya. 

Baca juga: Anggaran Dipangkas untuk Covid-19, Dinas Pendidikan Kota Blitar Hanya Merehabilitasi 8 SD Tahun Ini

Dia mengatakan, di Kota Blitar ada 208 wajib pajak restoran, 21 wajib pajak hotel, dan 19 wajib pajak tempat hiburan

"Pemberian insentif pajak daerah ini untuk meringankan beban para pelaku usaha di masa PPKM Darurat. Sementara hanya pembebasan pajak daerah selama sebulan. Nanti akan dievaluasi lagi setelah PPKM Darurat," katanya.

Berita tentang Kota Blitar

Berita tentang Jawa Timur

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved