Berita Lumajang

Komunitas Adventure Makelar Surga Beri Bantuan Makanan Warga Lumajang yang Jalani Isolasi Mandiri

Komunitas sosial Adventure Makelar Surga berikan bantuan makanan pada warga Lumajang yang tengah menjalani isolasi mandiri akibat terpapar Covid-19.

Penulis: Tony Hermawan | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Tony Hermawan
Komunitas sosial Adventure Makelar Surga (AMS) saat mengirimkan paket bantuan ke rumah warga Lumajang yang menjalani isolasi mandiri akibat Covid-19, Kamis (15/7/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Tony Hermawan

TRIBUNJATIM.COM, LUMAJANG - Di Lumajang, jumlah pasien terinfeksi virus Corona (Covid-19) kian hari kian bertambah.

Kondisi ini direspons oleh komunitas sosial di Lumajang bernama Adventure Makelar Surga (AMS).

Komunitas ini melakukan penggalangan dana untuk mendistribusikan paket makanan kepada warga kurang mampu yang menjalani isolasi mandiri (isoman) akibat positif Covid-19.

Ketua Divisi Sosial AMS, Endang Rumiati, mengatakan, aksi sosial itu dinamakan "Isolasi Mandiri Sehat & Aman".

AMS memulai aksi ini lantaran merasa prihatin dengan keadaan masyarakat saat ini.

"Sekarang kondisinya sangat menyedihkan ya. Sudah pandemi Covid-19, ekonomi orang-orang banyak yang terdampak. Niatnya kami ingin membantu mereka yang ekonominya minus terus terpapar Covid-19," katanya, Kamis (15/7/2021).

Para penerima bantuan akan mendapatkan dua paket makanan setiap hari. Paket makanan itu dipesan di sejumlah pengusaha warung makan yang terdampak pandemi Covid-19.

Dipastikan menu makanan mengandung asupan gizi dan nutrisi yang tepat untuk pasien Covid-19. Sehingga harapannya dapat membantu pasien Covid-19 menjalani masa pemulihan.

Sedangkan dalam pengantaran paket makanan itu melibatkan ojek online lokal.

Penerima hanya cukup menyiapkan meja di depan rumah untuk tempat meletakkan paket makanan. Cara ini diterapkan agar pengantar paket makanan dan penerima tidak saling berinteraksi untuk mencegah penularan virus.

"Dimana, kemana pun pasti kami antar. Kalau lokasinya terlalu jauh pendistribusian kami libatkan relawan lain," ujarnya.

Endang yang memulai aksi bersama AMS pada Kamis (15/7/2021) sudah mengantongi daftar 200 orang penerima bantuan makanan. Mereka semua berdomisili di wilayah Lumajang.

Baca juga: Kesal Upacara Adat Dibubarkan, Warga Ranupane Lumajang Rusak Bangunan Desa, Videonya Viral

"Pasien yang kami bantu rata-rata yang baru terkonfirmasi positif Covid-19. Banyak di antara mereka yang jadi tulang punggung keluarga, sekarang mereka tidak bisa mencari nafkah kalau tidak keluar rumah," bebernya.

Endang pun berpesan kepada pasien Covid-19 yang sedang melakukan isoman di rumah dan memiliki kendala dana agar segera mendaftarkan diri.

Caranya, calon penerima bantuan cukup mengirimkan data diri ke nomor 0853-3000-3200.

"Siapa yang ada kendala finansial dan sedang menjalani isoman bisa langsung melapor ke kami. Cukup kasih data nama, alamat besoknya sudah diantar makanan," jelasnya.

Menurut Endang, saat komunitas sosial ini bergerak memulai aksi tersebut rupanya tidak hanya penerima bantuan saja yang berdatangan. Melainkan juga banyak donatur yang mulai datang membantu.

"Kami gak tahu sampai kapan bisa mengirimkan bantuan makanan. Tapi kalau ihat yang bantu cukup banyak, insyaallah umur kami bisa panjang," pungkasnya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved