Berita Kediri

Bantu Tenaga Kesehatan, Brimob dan BPBD Kota Kediri Bersinergi Distribusikan Tabung Oksigen

BPBD Kota Kediri, Brimob dan RS Baptis Kota Kediri bersinergi dalam membantu tenaga kesehatan melalui kegiatan pengisian tabung oksigen di PT Samator

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
SURYA/Didik Mashudi
Truk Brimob dikerahkan untuk mengamankan distribusi tabung oksigen ke rumah sakit, Rabu (29/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Didik Mashudi

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - BPBD Kota Kediri, Brimob dan RS Baptis Kota Kediri bersinergi dalam membantu tenaga kesehatan melalui kegiatan pengisian tabung oksigen di PT Samator Gas Industri, Gresik, Jumat (30/7/2021). 

Indun Munawaroh, Plt Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri menerangkan, pandemi Covid-19 ini merupakan bencana yang harus ditangani bersama-sama. 

“Dalam penanggulangan bencana kita tidak bisa bergerak sendiri-sendiri, semuanya harus saling bersinergi, saling mensupport satu sama lain. Kalau maju sendiri, pasti tidak bisa,” jelasnya.

Kerjasama ini bermula ketika BPBD Kota Kediri mendapat surat dari BPBD Provinsi Jawa Timur pada 9 Juli 2021, yang menyatakan bahwa dalam menjamin ketersediaan oksigen di RS, maka BPBD kabupaten/kota diminta untuk menyediakan truk angkutan untuk pendistribusian oksigen dari lokasi produsen ke RS.

“Ketika RS Baptis mendapatkan surat bantuan dari Kelurga Alumni Universitas Gajah Mada (Kagama) makanya RS Baptis menghubungi BPBD Kota Kediri. Oleh karena BPBD tidak memiliki truk angkutan, maka kita meminta bantuan ke Brimob supaya menyediakan truk angkutan untuk mengangkut sejumlah 48 tabung oksigen” jelasnya.

Sementara AKP Alito, Komandan Kompi 1 Yon C Brimob Kota Kediri menjelaskan, Brimob memiliki peran dalam segala aspek, salah satunya yaitu ranah kemanusiaan. 

Dalam urusan penanganan pandemi Covid-19 merupakan urusan kemanusiaan yang wajib dibantu. 

Oleh karena itu Brimob Kota Kediri aktif bekerja sama dengan BPBD dalam mengatasi segala urusan kemanusiaan.

“Kemarin BPBD meminta bantuan kepada kami mengenai penyediaan kendaraan untuk mengangkut tabung oksigen ke RS Baptis. Lalu kami kirimkan satu truk untuk mengangkutnya beserta dua personel untuk membantu selama kegiatan berlangsung” terangnya.

Dijelaskan, sebenarnya tidak hanya dengan BPBD saja, tetapi Brimob juga turut bersinergi dengan OPD lain dan semua stakeholder, khususnya yang ada di wilayah Kota Kediri dalam membantu menangani berbagai hal. 

Kalau ada OPD atau stakeholder meminta bantuan, kami merasa welcome untuk membantu.

Alito mengakui dalam hal kegiatan pengisian tabung oksigen baru RS Baptis yang difasilitasi oleh Brimob.

“Jadi RS Baptis ini kan ada kerjasama dengan BPBD, dan BPBD ada kerjasama dengan kami. Makanya kami bantu fasilitasi sarana akomodasi dalam pengiriman tabung oksigen ini” terangnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved