Berita Sidoarjo

Pemkab Berencana Bangun Taman di Sejumlah Titik Strategis di Sidoarjo, Berikut Lokasinya!

Pemkab, dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup, berencana membangun taman di sejumlah titik strategis di Sidoarjo, berikut lokasinya!

Penulis: M Taufik | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Taufik
Kondisi Mal Pelayanan Publik Sidoarjo, Kamis (4/6/2020). Kawasan di sekitar Mal Pelayanan Publik ini akan menjadi salah satu titik pembangunan taman di Sidoarjo. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, M Taufik

TRIBUNJATIM.COM, SIDOARJO - Sejumlah titik strategis di Sidoarjo akan disulap menjadi taman. Termasuk di Bundaran Aloha, kawasan Jalan Pahlawan, sekitar Mal Pelayanan Publik, di bawah jalan tol yang berada di Pondok Tjandra, dan sejumlah titik lain.

Dinas Lingkungan Hidup (DLHK) Pemkab Sidoarjo sedang menyiapkan perencanaan teknis pembangunan sejumlah taman itu. Termasuk penyiapan konsep taman di setiap titik, perencanaan pengalokasian anggaran, dan sejumlah persiapan lain.

“Tahun ini masuk tahap persiapan perencanaan teknis, tahun depan semua pembangunan taman-taman itu bisa terealisasi untuk mempercantik Kabupaten Sidoarjo,” ungkap Kepala DLHK Sidoarjo, Sigit Setyawan, Minggu (22/8/2021).

Rencananya, taman akan disesuaikan dengan luasan lahan dan kondisinya.

Di jalan Pahlawan misalnya, karena dirasa terlalu sempit, maka harus ada desain ulang. Kondisi tanah juga perlu menjadi pertimbangan karena di median jalan itu terbilang keras.

Lahan di sepanjang Jalan Pahlawan itu selama ini hanya basah permukaannya saja ketika disiram air. Sehingga kurang maksimal dalam perawatan tanamannya. Hal itu juga menjadi pertimbangan untuk perbaikan taman di sana.

“Artinya, ada taman yang akan dipugar atau diperbaiki. Juga ada pembangunan taman baru di titik yang selama ini belum ada tamannya,” lanjut Sigit.

Seperti di seputaran Mal Pelayanan Publik. Titik itu akan dibangun taman untuk mempercantik kawasan di Jalan Lingkar Timur tersebut. Taman di tempat ini akan dibangun cukup besar, karena lahan di sekitar gedung itu juga luas.

Baca juga: Tanam Berbagai Pohon dan Mangrove, Pertamina DPPU Juanda Hijaukan Sungai Sidoarjo

Kemudian, taman baru juga akan dibangun di kawasan Bundaran Aloha. Taman di sana akan dibangun dengan konsep menyambung sampai Jalan Juanda.

“Lahan di sana milik TNI AL. Dan terkait rencana pembangunan taman di sana, kami juga sudah berkoordinasi dengan TNI AL,” ungkapnya.

Satu lagi taman yang akan dibangun ada di bawah Tol Pondok Tjandra. Kawasan itu selama ini sudah jadi salah satu spot foto yang menarik. Makanya, taman di sana akan dikonsep Instagramable, agar menjadi lahan hijau yang juga pusat hiburan masyarakat.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved