Breaking News:

Berita Surabaya

Bahas Penanganan Covid-19, Australia Akan Menggelar Pertemuan Empat Mata dengan Indonesia

Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, dan Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton MP, akan mengunjungi Jakarta, New Delhi, Seoul, Washington

Penulis: Febrianto Ramadani | Editor: Januar
Istimewa/TribunJatim.com
Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne dalam konferensi pers via virtual, Kamis (9/9/2021) pukul 16.30 WIB atau pukul 19.30 Waktu Australia Setempat, membahas agenda kunjungannya di empat negara 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Febrianto Ramadani

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Menteri Luar Negeri Australia, Marise Payne, dan Menteri Pertahanan Australia, Peter Dutton MP, akan mengunjungi Jakarta, New Delhi, Seoul, Washington, dan New York, untuk memajukan hubungan mitra strategis di kawasan Indo Pasifik.

Dalam konferensi pers via virtual, Kamis (9/9/2021) pukul 16.30 WIB atau pukul 19.30 Waktu Australia Setempat, Payne mengatakan, keamanan dan kemakmuran ekonomi sangat terintegrasi dengan negara sekitar. Dirinya menginginkan berbagi dengan mitra utama dalam sebuah visi, untuk kawasan yang terbuka, inklusif, dan tangguh.

Lebih lanjut Payne memaparkan, masalah yang paling mendesak untuk didiskusikan adalah kerja sama dalam pemulihan dari pandemi Covid 19, serta memastikan pemulihan berlangsung dengan cara yang mencerminkan nilai dan prinsip bersama.

“Dalam pertemuan dan keterlibatan kami di empat negara, kami akan membahas kemitraan berkelanjutan untuk mengatasi pandemi, termasuk melalui distribusi vaksin Covid 19 yang adil, aman, efektif, dan langkah bersama kami menuju pemulihan ekonomi global,” kata Payne.

Dengan pertemuan itu, lanjut Payne, kunjungan luar negeri dan pertahanan yang substantif dan signifikan ini sangat memperkuat keterlibatan aktif Australia di kawasan tersebut.

Masih kata Payne, kerja sama dengan para mitra melandasi pendekatan Australia terhadap tantangan strategis. Melalui dialog ini, akan memajukan upaya berkelanjutan untuk bekerja sama dengan pihak lain, untuk memberikan kontribusi positif dan proaktif bagi perdamaian dan stabilitas Indo Pasifik.

Baca juga: Masuk PPKM Level 2, Pendaftaran Haji di Kabupaten Sumenep Kembali Dibuka

“Pembicaraan tingkat tinggi ini adalah kesempatan penting untuk mencatat kemajuan substansial terhadap kemitraan strategis komprehensif kami, termasuk upaya penanganan dan pemulihan,” ucapnya.

“Kami juga akan membahas keamanan regional dan prioritas bersama dalam mendukung ASEAN, termasuk kerjasama praktis di bawah ASEAN Outlook on the Indo Pacific,” imbuhnya.

Di Jakarta, para menteri tersebut akan bertemu dengan Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk konsultasi tingkat tinggi.

Selain membahas penanganan dan pemulihan pandemi, para menteri juga membicarakan pendalaman kerja sama pada isu isu tekanan ekonomi, postur pertahanan, iklim, teknologi utama siber, ruang angkasa, dan rantai pasokan.

Payne juga akan melakukan perjalanan ke New York untuk menghadiri pembukaan Sidang Umum ke 76 PBB, mewakili Australia di beberapa acara sebagai bagian dari Pekan Tingkat Tinggi.

Kumpulan berita Surabaya terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved