Breaking News:

Berita Kabupaten Malang

Jalan Panjang Pembukaan Tempat Wisata di Kabupaten Malang di Masa PPKM

Tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang masih belum mengantongi izin untuk membuka kunjungan wisatawan di masa PPKM.

Penulis: Erwin Wicaksono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Erwin Wicaksono
Tempat wisata Coban Pelangi di Kabupaten Malang, 2020. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Erwin Wicaksono

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Tempat-tempat wisata di Kabupaten Malang masih belum mengantongi izin untuk membuka kunjungan wisatawan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Malang, Made Arya Wedhantara tak ingin mengambil risiko penularan Covid-19 akibat pembukaan tempat pariwisata yang belum siap.

Sebagai persiapan, Disparbud Kabupaten Malang sedang mencanangkan uji coba pembukaan tempat pariwisata.

Kendati sudah ada rencana terkait hal tersebut, keputusan waktu pelaksanaan simulasi pembukaan tempat pariwisata masih belum jelas.

"Kami koordinasi dahulu dengan beberapa (pengelola) lokasi wisata. Saat koordinasi kami mulai mensosialisasikan mekanisme ketika tempat wisata diizinkan buka,” ujar Made ketika dikonfirmasi, Minggu (12/9/2021).

Made mempersyaratkan tempat pariwisata di Kabupaten Malang agar terintegerasi dengan aplikasi Peduli Lindungi. Segala riwayat kesehatan pengunjung tempat wisata akan termonitor.

Selain itu, Disparbud juga mempersyaratkan pelaku wisata telah divaksin Covid-19. Prioritas keamanan kunjungan wisata jadi junjungan.

“Nanti harus ada aplikasi Peduli Lindungi, baik dari tempat wisata itu sendiri ataupun dari wisatawan,” terang pria asal Bali ini.

Di sisi lain, hingga kini Pemerintah Kabupaten Malang ternyata belum merumuskan pemberian bantuan bagi pelaku tempat pariwisata agar dapat bertahan selama penutupan tempat wisata.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved