Berita Surabaya

Jelang Musda Demokrat Jatim, Dukungan Pada Figur Mulai Bermunculan, Terang-Terangan Beri Dukungan

Aksi dukungan menjelang gelaran Musda Partai Demokrat Jatim saat ini kembali mencuat ke publik.  Kendati gelaran Musda belum diumumkan secara resmi, n

TRIBUNJATIM/Yusron Naufal Putra
Plt Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga saat ditemui di Surabaya beberapa waktu lalu 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Aksi dukungan menjelang gelaran Musda Partai Demokrat Jatim saat ini kembali mencuat ke publik. 

Kendati gelaran Musda belum diumumkan secara resmi, namun sejumlah DPC sudah mulai mendorong figur tertentu untuk maju menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Jatim.

Di antaranya, adalah pernyataan dukungan dari pengurus DPC di wilayah Madura. Mereka menyebut menginginkan agar sosok Bayu Airlangga menjadi Ketua Partai Demokrat Jawa Timur mendatang.

Saat ini Bayu merupakan Plt Sekretaris DPD Demokrat Jatim sekaligus Wakil Ketua Komisi A DPRD Jatim yang membidangi politik pemerintahan.

"Kader Demokrat di Bangkalan sepakat mendukung Mas Bayu dan kami sudah komunikasi dengan DPC se Madura Raya, pilihannya sama ke Mas Bayu,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Bangkalan Abdurrachman dikutip dari keterangan tertulis.

Seperti diketahui, saat ini kepengurusan Partai Demokrat Jatim memang diemban oleh pelaksana tugas. Baik posisi Ketua DPD maupun posisi Sekretaris, sama-sama dijabat Plt. 

Musda Demokrat diantara agendanya akan menentukan ketua definitif DPD Demokrat Jatim setelah Demokrat dipimpin Plt Ketua sejak November 2019 lalu. 

Mulai dari Renville Antonio hingga kemudian dilanjutkan Emil Elestianto Dardak yang menjabat hingga saat ini.

Jabatan Ketua DPD Demokrat definitif terakhir dijabat Soekarwo yang sebelumnya juga menjabat Gubernur Jatim hingga tahun 2019. 

Kemudian, Pakde Karwo mundur dari jabatan politik lantaran terpilih menjadi komisaris utama salah satu BUMN hingga kemudian menjadi Dewan Pertimbangan Presiden Joko Widodo.

Dalam bursa ketua yang muncul sejauh ini, nama Bayu yang juga merupakan anggota DPRD Jatim memang menjadi diantara yang berpeluang.

Sejumlah alasan disebutkan menjadi sebab dukungan dilabuhkan kepada Bayu. Selain sebagai politisi muda, sosok menantu Pakde Karwo itu dinilai mumpuni untuk menjadi ketua Demokrat periode mendatang.

“Cara komunikasi yang cukup baik dengan kader di bawah merupakan modal penting bagi Partai Demokrat untuk semakin dicintai Rakyat, Nah itu semua ada di sosok Mas Bayu,” ungkap Ketua DPC Partai Demokrat Sampang Abdus Salam dikutip dalam rilis yang sama.

Di luar nama Bayu, masih ada nama Emil Elestianto Dardak yang saat ini menjabat Plt Ketua Demokrat Jatim.

Emil juga berpeluang menjadi Ketua definitif Demokrat Jatim. Emil saat ini juga menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved