Breaking News:

Berita Malang

Proyek Pembangunan Alun-Alun Kedungkandang Mulai Digagas oleh Pemkot Malang

Pemerintah Kota Malang mulai melakukan kajian terkait pembangunan Alun-Alun Kedungkandang. Proyek besar yang rencananya dibangun pada tahun depan itu.

Penulis: Rifki Edgar | Editor: Ndaru Wijayanto
Istimewa/TribunJatim.com/Humas Pemkot Malang
Wali Kota Malang, Sutiaji, 2021. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Rifki Edgar

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Pemerintah Kota Malang mulai melakukan kajian terkait pembangunan Alun-Alun Kedungkandang.

Proyek besar yang rencananya dibangun pada tahun depan itu, kini dikaji dalam Forum Grup Discussion (FGD) yang digelar oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Malang di Hotel Savana, Rabu (15/9/2021).

Hadir dalam kegiatan itu Wali Kota Malang, Sutiaji, Sekretaris Daerah Kota Malang, Erik Setyo Santoso, Kepala DLH Kota Malang hingga plt Kepala DPUPRPKP Kota Malang, Diah Ayu Kusuma Dewi.

Dalam kesempatan itu, beragam masukan disampaikan guna membahas desain pasti dari Alun-Alun Kedungkandang.Termasuk saran dan masukan dari Wali Kota Malang yang menginginkan, nantinya Alun-Alun Kedungkandang dapat bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.

"Tujuan dibangunnya alun-alun ini adalah interaksi masyarakat bisa memiliki kualitas. Daya tariknya masyarakat agar dapat menikmatinya," ucap Sutiaji.

Lokasi Alun-Alun Kedungkandang, nantinya juga berdekatan dengan Jalan Mayjend Sungkono Kota Malang dan tak jauh dari Gor Ken Arok.

Penempatan alun-alun di Kedungkandang juga sebagai awal dari fokus pembangunan di Kota Malang akan dialihkan ke wilayah timur.

Hal ini dilakukan, karena Malang Timur, memiliki banyak lahan kosong yang nantinya akan diprioritaskan sebagai pembangun ke depan untuk Kota Malang.

Selain itu, Malang Timur juga memiliki gunung Buring yang bisa menjadi spot warga untuk menikmati keindahan Kota Malang dari atas.

"Kalau kami prioritaskan di tengah, pasti macet. Pilihannya ya di Kedungkandang. Karena orang Kedungkandang kalau mau wisata ke mana. Maka dari itu di Kedungkandang harus jadi favorit Kota Malang," ucapnya.

Selain, alasan lain pembangunan Alun-Alun Kedungkandang juga mendorong adanya pemerataan pembangunan di Malang Timur.

Untuk itu, dari FGD ini diharapkan oleh Sutiaji dapat mendapatkan masukan-masukan agar desainnya nanti sesuai dengan apa yang diharapkan oleh masyarakat Kota Malang.

Sutiaji juga mengusulkan, nantinya ada tempat untuk edukasi warga, dan tempat olahraga, seperti untuk sepatu roda dan tempat untuk balap motor.

"Termasuk nanti, kami juga akan banyak melakukan kegiatan di sana. Maka dari itu, harus ada space yang sesuai di sana," tandasnya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved