Breaking News:

Berita Jember

Hati-hati Jalur Gunung Gumitir Jember-Banyuwangi Rawan Pohon Tumbang dan Tanah Longsor

Hati-hati jalur Gunung Gumitir Jember-Banyuwangi rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor di musim penghujan.

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Polsek Sempolan
Warga dan petugas gabungan sedang mengevakuasi pohon tumbang di jalur Gunung Gumitir Jember, Minggu (19/9/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Pengendara kendaraan bermotor harus mewaspadai jalur Gunung Gumitir, saat memasuki musim penghujan di Kabupaten Jember.

Sebab di jalur tersebut sudah terjadi pohon tumbang dan tanah longsor.

Gunung Gumitir merupakan jalur utama penghubung Pulau Jawa-Bali di sisi selatan Jawa, atau jalur penghubung antara Kabupaten Jember-Banyuwangi.

Pada Minggu (19/9/2021), terjadi dua kali pohon tumbang.

Peristiwa pertama terjadi pagi hari di KM 34 Kecamatan Silo, Jember, yakni sebuah pohon besar tumbang dan mengenai kap mobil pelintas jalur tersebut.

"Kejadian pertama pohon tumbang, dan mengenai kap mobil. Tidak ada korban jiwa. Pohon tumbang karena dampak hujan dan angin kencang," ujar Kapolsek Sempolan Kecamatan Silo, AKP Suhartanto kepada Tribun Jatim Network, Senin (20/9/2021).

Peristiwa kedua terjadi pada Minggu (19/9/2021) pukul 23.00 WIB, sebuah pohon tumbang disertai longsoran material tanah di KM 37 Kecamatan Silo.

Tidak ada korban jiwa dan material dalam peristiwa kedua ini. Tetapi dampak dari dua kejadian itu membuat arus lalu lintas macet dari arah Jember, maupun dari arah Banyuwangi.

Pohon tumbang pagi hari selesai dievakuasi siang hari. Pada peristiwa kedua, pembersihan material baru selesai pada Senin (20/9/2021) pagi.

Baca juga: 173 Peserta Tidak Ikuti Ujian SKD CPNS Jember 2021, 1.900 Orang Lolos ke Tahap SKB

"Pagi tadi kami lanjutkan juga dengan pembersihan material lumpur, dan sisa kayu. Supaya di jalur tersebut aman untuk dilalui pengendara," lanjut Tanto.

Selain itu, petugas gabungan Polri, TNI, Perhutani, BPBD Jember juga mengecek titik-titik rawan longsor dan pohon tumbang. Petugas memotong pohon yang berpotensi tumbang saat hujan deras dan angin kencang melanda.

"Kami antisipasi dengan mengecek dan memetakan titik rawan pohon tumbang dan longsor. Tadi juga diikuti pemotongan pohon yang rawan tumbang. Saat ini memasuki musim hujan, juga disertai angin kencang, memang jalur Gunung Gumitir rawan terjadi pohon tumbang dan tanah longsor," tegas Tanto.

Karenanya, dia mengimbau kepada pelintas jalur Gunung Gumitir untuk ekstra hati-hati.

"Selalu waspada, taati aturan dan rambu lalu lintas, dan berhati-hati di jalur Gumitir karena sekarang sudah masuk musim hujan," pungkas Tanto.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved