Breaking News:

Berita Kota Batu

Lima Desa Wisata di Kota Batu Akan Dibuka, Pemkot Bantu Lengkapi Sarana Penunjang

Lima desa wisata di Kota Batu, tengah disiapkan untuk beroperasi menerima wisatawan di masa PPKM.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Benni Indo
Seorang wisatawan sedang mengabadikan pemandangan berlatar belakang pegunungan dari Dusun Junggo, Desa Tulungrejo, Kota Batu, 2021. Dalam waktu dekat, lima desa tujuan wisata di Kota Batu diupayakan untuk buka kembali menerima wisatawan. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Lima desa wisata di Kota Batu, Jawa Timur, tengah disiapkan untuk beroperasi menerima wisatawan di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Lima desa wisata tersebut adalah Desa Wisata Tulungrejo, Pendem, Punten, Sumberejo dan Oro-Oro Ombo.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq saat mendampingi Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dalam sosialisasi kepada 19 asosiasi pelaku wisata dan pelaku seni budaya di Batu Tourism Mall.

Arief mengatakan, Pemkot Batu membantu untuk melengkapi sarana penunjang ketika buka di masa pandemi Covid-19. Tanpa syarat-syarat yang tidak terpenuhi, mustahil boleh buka atau beroperasi.

"Insyaallah dalam waktu dekat lima desa wisata di Kota Batu siap uji coba operasi. Pasalnya semua kesiapan, mulai dari sarana prasarana prokes, sertifikasi CHSE dan aplikasi PeduliLindungi sudah hampir 100 persen," ujar Arief, Kamis (23/9/2021).

Ia memperkirakan uji coba lima desa wisata itu kemungkinan dilakukan dalam pekan ini. Sejauh ini, hanya ada dua tempat tujuan wisata saja yang buka di Kota Batu. Dua tempat wisata tersebut telah mendapat izin dari pemerintah pusat.

"Agar tidak hanya dua dari 20 destinasi wisata yang telah ditunjuk uji coba buka oleh Kemenparekraf, yakni JTP 2 dan Selecta. Maka harus dilakukan upaya percepatan vaksinasi Covid-19 bagi pelaku usaha pariwisata dan seni budaya agar target herd immunity 70 persen dari jumlah penduduk Kota Batu bisa tercapai," bebernya.

Percepatan vaksinasi tersebut dilakukan karena saat ini untuk bisa turun level indikatornya adalah pencapaian target vaksinasi. Kebijakan itu mengacu dari Inmendagri nomor 43 tahun 2021 tentang PPKM.

Meski hanya ada dua tempat wisata yang mendapat izin buka, namun Batu Love Garden (Baloga) telah beroperasi sejak akhir pekan lalu.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved