Breaking News:

Berita Madura

Ponpes Ummul Quro Putri Pamekasan Resmikan Poskestren, Harap Santri Berperilaku Sehat dan Bersih

Pondok Pesantren (Ponpes) Ummul Quro Putri Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, meresmikan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), Selasa

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Ndaru Wijayanto
tribunjatim/kuswanto
Jajaran Forkopimda Pegantenan dan jajaran pengurus Pesantren (Ponpes) Ummul Quro Putri Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, saat meresmikan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), Selasa (28/9/2021). 

Laporan Wartawan TribunMadura.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Pondok Pesantren (Ponpes) Ummul Quro Putri Plakpak, Kecamatan Pegantenan, Kabupaten Pamekasan, meresmikan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren), Selasa (28/9/2021).

Diresmikannya Poskestren ini merupakan upaya Kesehatan Bersumberdaya Masyarakat (UKBM) di  lingkungan pondok pesantren.

Poskestren sendiri menggunakan prinsip dari, oleh, dan untuk warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayanan promotif, preventif, tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitative yang dilaksanakan di bawah binaan Puskesmas setempat.

Kegiatan tersebut diresmikan langsung oleh Camat Pegantenan, Benny Hendiyanto didampingi Pengasuh Ponpes Ummul Quro Putri, Ahmad Basri Hasan dan Kapus Bulangan Haji serta diikuti oleh santriwati Husada.

Pengasuh Pengasuh Ponpes Ummul Quro Putri, Ahmad Basri Hasan mengatakan, terbentuknya Poskestren untuk dukungan dari Pemerintah Kabupaten Pamekasan dan Pemerintah Desa.

“Kami sangat senang adanya Poskestren ini dapat menumbuhkan pola pikir sehat dalam keseharian para santri," kata Ahmad Basri Hasan saat diwawancarai TribunMadura.com di lokasi.

Baca juga: Komitmen Bangun Pamekasan sebagai Kabupaten Berdaya Saing, Mas Tamam Ungkap Dua Syarat agar Terwujud

Menurut dia, sebagian masyarakat masih menganggap pesantren terlebih yang salaf adalah tempat kumuh dan tidak menyehatkan.

“Adanya Poskestren ini, Kami ingin menghilangkan pikiran-pikiran masyarakat yang menganggap pesantren itu kumuh dan kotor," ujarnya.

Ia berharap, hadirnya Poskestren ini akan membuat santri lebih terbantu dalam mengenal budaya sehat.

Baca juga: Maling di Sampang Tinggalkan Motor Curian Karena Mogok di Jalan, Ditangkap Warga yang Curiga

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved