Breaking News:

Berita Jatim

Mentan Syahrul Yasin Limpo Canangkan Indonesia Bebas Rabies Tahun 2030

Dalam peringatan puncak hari rabies sedunia (world rabies day), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencanangkan Indonesia bebas rabies pada

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Fikri Firmansyah
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menjelaskan produk vaksin untuk cegah rabies pada hewan. Jumat (8/10/21) 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dalam peringatan puncak Hari Rabies sedunia (world rabies day), Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mencanangkan Indonesia bebas rabies pada tahun 2030.

Hal ini menurutnya sejalan dengan target global yang diprakarsai oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Organisasi Kesehatan Hewan Dunia (OIE), Badan Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-bangsa (FAO), dan Global Alliance for Rabies Control (GARC).

“Hari ini, kita satukan tekad bersama untuk berantas rabies dengan program Pemberantasan Rabies secara bertahap di Seluruh Indonesia Tahun 2030 atau PrestasIndonesia 2030,” tegas Mentan SYL di Pusvetma Surabaya, Jumat (8/10/21).

Lebih lanjut Mentan SYL menyampaikan bahwa rabies merupakan masalah kesehatan bersama di Indonesia dan mengajak semua sektor termasuk pemerintah daerah dan masyarakat untuk terlibat langsung dalam program pengendaliannya dengan mengedepankan implementasi One Health.

Baca juga: Pengamen asal Jombang Diringkus Polsek Pagu Kediri Seusai Mencuri Ponsel Milik Warga Kayen Kidul

“Tahun ini Indonesia dipercaya untuk memimpin G20, implementasi one health adalah salah satu komponen penting kepemimpinan Indonesia,” tambahnya.

Mentan SYL berharap kontribusi semua pihak untuk menyukseskan kepemimpinan Indonesia di bawah Presiden Joko Widodo di G20 dengan memberikan contoh pelaksanaan program pengendalian dan pemberantasan rabies berbasis One Health.

"Jadi, lebih dari ini, kami juga berharap dalam penguatan implementasi One Health, dimana pemerintah daerah dapat memperkuat kelembagaan dan operasional layanan kesehatan hewan melalui penunjukan otoritas veteriner di wilayah masing-masing," sambung dia.

*Upaya Berantas Rabies, Kementan Luncurkan Produk Vaksinasi*

Sejalan dengan misi membebaskan rabies di Indonesia, Kementan juga meluncurkan produk vaksinasi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved