Breaking News:

Berita Tuban

Dirjen Dukcapil Buka Suara Terkait Nama Anak Panjang di Tuban, Berikut Penjelasan Lengkapnya.

Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, memberi tanggapan terkait nama anak panjang di

Penulis: M Sudarsono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ M Sudarsono
Cordo, bayi dengan nama panjang bersama ayahnya Arif Akbar 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, memberi tanggapan terkait nama anak panjang di Tuban.

Tanggapan tersebut disampaikan lewat video, sebagaimana yang diunggah di laman akun instagram @kabupatentuban.

Dirjen Dukcapil mengatakan, saat ini belum ada peraturan perundang-undangan yang mengatur seberapa panjang nama, ini terkait berita viral anak di Tuban yang namanya 19 kata hurufnya lebih dari 100 karakter.

"Kami tidak ingin membatasi orang tua yang akan memberi nama putra-putrinya, bahwa di dalam sistem administrasi kependudukan (adminduk) ada keterbatasan-keterbatasan," ucapnya sebagai dalam video yang diunggah, Jumat (8/10/2021).

Zudan menjelaskan, keterbatasan adminduk di antaranya kolom untuk kartu keluarga (KK) sempit, dalam akta kelahiran hanya 55 huruf, kartu identitas anak (KIA) juga sedikit, 100 huruf tidak akan muat. Nanti dalam E-KTP juga begitu.

Semua itu akan berimplikasi, berdampak pada SIM, ijazah, paspor, sertifikat tanah, dan untuk dokumen yang lainnya.

Ia menyarankan pada siapapun, jika nama putra-putrinya terlalu panjang, maka bagusnya disingkat, ataupun bisa diganti disesuaikan.

"Tetapi pada prinsipnya nama panjang hak dari masyarakat, namun mohon dipahami bahwa ada keterbatasan di dalam dokumen kependudukan yang tempatnya sangat terbatas," ucapnya mengakhiri video.

Sebelumnya diberitakan, bayi dengan nama panjang 19 kata di Tuban yang pernah heboh, kini hampir menginjak usia tiga tahun.

Baca juga: Petugas Damkar Selamatkan ODGJ Asal Situbondo yang Terperosok dalam Sumur Gali di Lamongan

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved