Breaking News:

Berita Gresik

Cegah Kerusakan Lingkungan, Relawan Bersihkan Sungai hingga Pohon Plastik di Pasuruan

Komunitas lingkungan dari Relawan Sungai Nusantara bersama Lembaga Ecoton di Wringinanom Gresik memanfaatkan libur akhir pekan dengan membersihkan poh

Penulis: Sugiyono | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Sampah plastik di Kali Bulusari Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan dibersihkan oleh komunitas lingkungan, Minggu (10/10/2021). 

Laporan Wartwan Tribun Jatim Network, Moch. Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK – Komunitas lingkungan dari Relawan Sungai Nusantara bersama Lembaga Ecoton di Wringinanom Gresik memanfaatkan libur akhir pekan dengan membersihkan pohon plastik di Kali Bulusari Desa Bulusari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, Minggu (10/10/2021).

Kali Bulusari sering memberikan maanfaat kepada warga sekitar, sehingga harus dibersihkan dari sampah plastik.

“Ecoton bersama thebodyshop dan relawan sungai nusantara bersih-bersih pohon plastik sebagai cara kampanye lingkungan hidup ke masyarakat dan sebagai cara untuk menyadarkan pemerintah agar bertanggung jawab atas kondisi sungai dan menjalankan kewajibannya sesuai regulasi yang ditetapkan,” kata Alwi, mahasiswa agribisnis Universitas Trunojoyo Madura.

Hal yang sama juga disampaikan koordinator aksi operasi pohon plastik Kholid Basyaiban mengatakan, dari bersih-bersih sampah plastik ini untuk mencegah kerusakan lingkungan dan kelangkaan biota sungai akibat tercemar sampah plastik.

“Kami ingin mengurangi sampah plastik di sungai. Karena, sampah-sampah ini jika terkena sinar matahari akan terpecah-pecah (terfragmentasi) menjadi sangat kecil atau disebut mikroplastik. Kemudian, akan menganggu plankton yang merupakan sumber makanan ikan dan ekosistem sungai sekitar,” kata Kholid.

Ecoton berkolaborasi dengan thebodyshop beserta 20 pemuda dari relawan sungai nusantara.

Mereka dari mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura, Mahasiswa Unair, Mahasiswa Untag, Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang dan pelajar SMK Negeri Driyorejo.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved