Breaking News:

Berita Malang

Mobil Listrik SIERA Karya Semeru Team Universitas Negeri Malang Ukir Prestasi di PLN ICE 2021

Mobil listrik 'SIERA' karya anak bangsa Semeru Team Universitas Negeri Malang (UM) berhasil lolos pendanaan PLN dalam program PLN Innovation & Competi

Penulis: Dya Ayu | Editor: Ndaru Wijayanto
Semeru Team UM
Mobil Listrik SIERA Karya Semeru Team Universitas Negeri Malang (UM) 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Mobil listrik 'SIERA' karya anak bangsa Semeru Team Universitas Negeri Malang (UM) berhasil lolos pendanaan PLN dalam program PLN Innovation & Competition in Electricity (ICE) 2021, yang digelar pada Bulan April hingga bulan Oktober 2021.

SIERA masuk dalam top 3 three Wheels Vehicle Category di PLN ICE 2021, dan juga berhasil menjadi Runner Up Desain Prototipe kategori Roda Tiga dalam Awarding LIKEPLN 2021.

Selain mendapat pendanaan pembuatan mobil listrik roda tiga dari PLN, Semeru Team juga mendapat hadiah Rp 25 juta serta sertifikat.

PLN ICE 2021 merupakan program CSR PLN dengan kompetisi kegiatan inovasi sebagai bentuk apresiasi kepada mahasiswa dan masyarakat yang aktif menyumbangkan ide inovasi terkait kelistrikan dengan kategori kompetisi terbagi menjadi 2 yaitu kategori kendaraan listrik dan Peralatan listrik. 

Nama SIERA dipilih karena merupakan singkatan dari Semeru Team Electricity Accomondation.

Mobil listrik beroda tiga yang dibuat sebanyak 30 orang mahasiswa UM jurusan teknik mesin itu merupakan mobil privat, karena di dalamnya hanya memiliki single seat.

Kegunaan dari mobil ini tak lain untuk orang-orang yang sehari-harinya melakukan mobilitas mengangkut barang. Diharapkan dengan adanya mobil listrik ini akan lebih membuat nyaman jika dibandingkan dengan motor biasa. Sebab apabila menggunakan motor biasa, pengendara akan tetap terkena panas dan hujan.

Sedangkan jika menggunakan SIERA, yang dapat disebut dengan semi mobil ini, pengendara dipastikan tidak kehujanan dan kepanasan saat mengangkut barang.

"Dasar kami membuat mobil listrik ini karena untuk mengurangi penggunaan kendaraan yang tinggi emisi. Selain itu juga meningkatkan tren kendaraan listrik ramah lingkungan," kata Semeru Team UM, Jumat (22/10/2021).

SIERA memiliki spesifikasi motor listrik yang digunakan adalah jenis BLDC motor 72V 2000watt dengan sistem on wheel hub. Baterai menggunakan Lithium-Ion 72V 20Ah dengan kemampun tahanan hingga jarak 60 - 70 km sekali cas. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved