Berita Jatim

Masuk Jajaran 500 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh Dunia, Gubernur Khofifah: Tak Pernah Menyangka

Masuk jajaran 500 tokoh muslim paling berpengaruh dunia, Gubernur Jatim Khofifah: Saya tidak pernah berharap, bermimpi dan menyangka.

Penulis: Fatimatuz Zahroh | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Nama Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, masuk dalam jajaran 500 tokoh muslim paling berpengaruh dunia. Hal tersebut berdasarkan rilis terbaru The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang mengeluarkan daftar 500 muslim paling berpengaruh dunia tahun 2022. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Fatimatuz Zahroh

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Nama Khofifah Indar Parawansa, Gubernur Jawa Timur, masuk dalam jajaran 500 tokoh muslim paling berpengaruh dunia

Hal tersebut berdasarkan rilis terbaru The Royal Islamic Strategic Studies Centre yang mengeluarkan daftar 500 muslim paling berpengaruh dunia tahun 2022.

Nama Khofifah masuk dalam kategori politikus muslim berpengaruh. Namanya berjajar dengan nama sejumlah tokoh muslim dunia yang lain. Seperti, Presiden Ebrahim Raisi dari Iran, Presiden Samia Suluhu Hassan dari Tanzania, dan lain-lain.

Hal tersebut menjadi satu kebanggan tersendiri bagi Indonesia secara umum, dan tentu saja bagi Jawa Timur, di mana saat ini Khofifah Indar Parawansa menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur.

Khofifah menyampaikan, dirinya tidak pernah menyangka bisa mendapatkan capaian ini. Masuk dalam jajaran 500 tokoh muslim paling berpengaruh di dunia.

"Saya tidak pernah berharap, bermimpi dan menyangka bisa masuk dalam daftar The Muslim 500, The World's 500 Most Influential Muslims. Apalagi disandingkan dengan sejumlah tokoh politik dunia seperti Presiden Mesir Abdel Fattah El Sisi, Presiden Iran Ibrahim Raisi, atau Perdana Menteri Tunisia Najla Bouden Ramadhane yang kiprahnya jauh melebihi saya," kata Khofifah, Senin (1/11/2021).

Ia mengucapkan terima kasih atas apresiasi yang diberikan padanya. Dan secara khusus Khofifah juga memohon doa agar ia bisa terus istiqomah menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat yang telah diberikan padanya.

"Terima kasih atas apresiasinya, dan mohon doakan saya untuk selalu istiqomah menjaga amanah dan kepercayaan masyarakat yang sudah dititipkan kepada saya," pungkas Khofifah.

Sebagaimana diketahui, The Royal Islamic Strategic Studies Centre memiliki ajang penghargaan dan nominasi tahunan bagi tokoh muslim berpengaruh di seluruh dunia. Nominasi dan penghargaan ini cukup bergengsi.

Selain itu, di sisi lain, Direktur Eksekutif IndoStrategic yang juga sekaligus Managing Director Paramadina Public Policy Institute (PPPI) Dr A Khoirul Umam mengatakan, masuknya nama Khofifah dalam The Muslim 500 ini wujud pengakuan terhadap prestasi Khofifah Indar Parawansa dalam peran publiknya di ruang politik dan kebijakan publik.

"Capaian Khofifah ini juga bisa menjadi inspirasi bagi para perempuan Indonesia lainnya, khususnya kalangan Nahdliyyin dan muslimah Indonesia pada umumnya, untuk bisa ikut tampil membuktikan prestasinya dalam kapasitas dan bidang masing-masing," tegasnya saat diwawancara, Minggu (31/10/2021).

Umam menyebut, di saat yang sama, prestasi Khofifah ini bisa jadi catatan bekalnya untuk masuk dalam bursa kepemimpinan nasional Indonesia ke depan.

Baca juga: Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Kini Bisa Dilakukan di 76 Ponpes Jatim, Wujud Inovasi Samsat OPOP

"Tentu ini menjadi catatan bekal bagi Khofifah, untuk karier ke depannya. Termasuk nanti jika Khofifah ingin masuk dalam kancah kepemimpinan nasional Indonesia," tambahnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved