Breaking News:

Berita Gresik

Bertahun-tahun Waduk di Gresik Dangkal dan Pintu Air Rusak, Kades Berharap Segera Diperbaiki Untuk

Warga desa sekitar Waduk Sumengko Kecamatan Duduksampean berharap normalisasi waduk dan perbaikan pintu air segera diperbaiki, Selasa (9/11/2021)

Penulis: Sugiyono | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Sugiyono
WADUK - Peninjauan waduk Sumengko Kecamatan Duduksampean yang diharapkan warga segera dinormalisasi dan diperbaiki pintu airnya, Selasa (9/11/2021). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sugiyono

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Warga desa sekitar Waduk Sumengko Kecamatan Duduksampean berharap normalisasi waduk dan perbaikan pintu air segera diperbaiki, Selasa (9/11/2021).

Harapannya, air waduk dapat digunakan untuk perairan pertanian dan dapat meningkatkan hasil panen. 

Pengurus Asosiasi Kepala Desa Kecamatan Duduksampean Muhammad Bahrul Ghofar mengatakan, pentingnya waduk Sumengko bagi kelangsungan pertanian, sehingga Badan Koordinator Wilayah (Balorwil) Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS)  bersama pemerintah daerah Kabupaten Gresik dan Lamongan meninjau langsung lokasi waduk. 

Peninjauan lokasi tersebut untuk memastikan normalisasi waduk seluas 216 hektar dan perbaikan pintu air. Waduk tersebut digunakan untuk petani di 11 Desa  wilayah Kecamatan Duduksampean, satu Desa di Kecamatan Benjeng dan dua Desa di wilayah Kabupaten Lamongan.  

Baca juga: Sosok Terduga Teroris yang Ditangkap di Kediri, Diketahui Pernah Kumpulkan Orang Pada Malam Hari

“Alhamdullilah, hasil peninjauan waduk Sumengko bersama Bakorwil BBWS telah disepakati normalisasi waduk dan perbaikan pintu air dilaksanakan pada tahun 2022,” kata Ghofar, yang juga Kepala Desa Gredek, Kecamatan Duduksampean

Lebih lanjut Ghofar menambahkan, kerusakan pintu air tersebut sudah berlangsung selama tiga tahun ini. Akibatnya, air habis di musim kemarau. “Dari kerusakan pintu air tersebut, waduk tidak mampu menampung air, sehingga musim tanam kedua petani kesulitan untuk tanam padi. Harapannya, perbaikan pintu air dan normalisasi waduk segera dilaksanakan,” katanya. 

Dari upaya perbaikan waduk dan normalisasi waduk tersebut, diharapkan dapat meningkatkan hasil pertanian, sehingga bisa membantu swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani. 

“Semoga dengan melimpahnya air, petani dapat bercocok tanam lebih baik. Sehingga, bisa membantu meningkatkan swasembada pangan dan meningkatkan kesejahteraan petani,” imbuhnya. (ugy/Sugiyono). 

Kumpulan berita Gresik terkini

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved