Breaking News:

Berita Trenggalek

Lakukan Penghematan, Pemkab Trenggalek Pangkas Anggaran Makan dan Minum di APBD 2022

Pemerintah dan DPRD Kabupaten Trenggalek tengah membahas R-APBD 2022. Dalam draf yang tengah dibahas, Pemkab Trenggalek mengurangi porsi anggaran maka

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Ndaru Wijayanto
surya/afla
Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin, Rabu (16/6/2021) 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK – Pemerintah dan DPRD Kabupaten Trenggalek tengah membahas R-APBD 2022.

Dalam draf yang tengah dibahas, Pemkab Trenggalek mengurangi porsi anggaran makan-minum dan sejenisnya hingga sekitar 20 persen di banding sebelumnya.

Pemotongan anggaran itu telah dilakukan pada pengalihan anggaran untuk penanganan Covid-19 pada tahun-tahun sebelumnya.

Nah, untuk tahun ini, pengurangan dilakukan sejak awal agar dana yang ada bisa dialihkan semaksimal mungkin untuk pembangunan.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, pemangkasan anggaran makan-minum dilakukan oleh setiap organisasi perangkat daerah (OPD) yang ada di Kabupaten Trenggalek.

Tiap OPD, kata dia, memotong anggaran dengan nilai yang bervariasi. Namun, apabila dirata-rata, jumlahnya di atas 20 persen dari penganggaran sebelumnya.

“Kami sudah sampaikan bahwa belanja makan-minum dan sebagainya kami pangkas. (Dan hasilnya) kami bisa melakukan penghematan yang cukup besar,” kata pria yang akrab disapa Mas Ipin itu.

Menurut dia, pemotongan anggaran makan-minum sebagai bentuk empati pemerintah kabupaten terhadap dampak wabah yang dirasakan oleh warga.

“Juga bahwa kami memprioritaskan (anggaran) untuk belanja langsung yang serapannya bisa dirasakan oleh masyarakat,” ujar dia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved