Breaking News:

Berita Malang

Jadi Tuan Rumah KMI Expo XII 2021, Ini Target yang Ingin Dicapai Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah penyelenggaraan KMI Expo XII 2021 yang  berlangsung mulai Rabu (17/11/2021).

Surya/humas UB
Panitia KMI Expo XII 2021 memberikan penjelasan tentang acara itu, Selasa (16/11/2021). KMI dibuka mulai Rabu (17/11/2021) dan dilaksanakan secara hibrid. Universitas Brawijaya (UB) sebagai tuan rumahnya. 

TRIBUNJATIM.COM, MALANG - Universitas Brawijaya (UB) menjadi tuan rumah penyelenggaraan KMI Expo XII 2021 yang  berlangsung mulai Rabu (17/11/2021).

Ini merupakan program tahunan Kemendikbud Ristek yang bertujuan untuk memunculkan dan meningkatkan potensi kewirausahaan yang dimiliki para mahasiswa.

KMI Expo XII 2021 yang bertema “Collaboration and Sinergy” ini diharapkan dapat menciptakan ruang untuk berinteraksi, bekerja sama, dan berinovasi guna mewujudkan keselarasan kewirausahaan yang inovatif, berdaya saing, dinamis, dan terus berkembang.

Baca juga: Gandeng Universitas Brawijaya, Polresta Malang Kota Luncurkan Dispenser Masker, Ini Kegunaannya

KMI Expo XII yang berlangsung selama tiga hari ini, dilaksanakan secara blended (online dan offline). "Ini merupakan agenda setiap tahun diadakan Belmawa Kemendikbud Ristek," jelas drh  Analis Wisnu Wardhana, Ketua Panitia, Selasa (16/11/2021).

Karena masih pandemi, sistem yang dipakai hibrid. Maka panitia memfasilitasi peserta yang siap memamerkan produknya dari sisi online.

"Kita sediakan virtual expo yang produk-produknya bisa dilihat orang seluruh indonesia," kata dia.

Di KMI ada kegiatan utama dan kegiatan pendukung. Kegiatan utamanya adalah kegiatan berwirausaha mahasiswa. Juga ada akselerasi start up mahasiswa indonesia. Yang sudah dapat pendanaan nanti ketemu investor.

Baca juga: Ruang Laboratorium Manufaktur Universitas Brawijaya Malang Terbakar, Diduga Korsleting Listrik

Sedang kegiatan pendukung yakni kompetisi cafe mahasiswa indonesia, kompetisi tiktok mahasiswa. "Tik tok juga dilombakan untuk media berwirausaha," kata dia. Juga ada kompetisi international dengan peserta dari  seluruh dunia yakni poster, esai, kompetisi kasus bisnis. 

"Untuk kompetisi kasus bisnis, ada perusahaan yang jadi kerjasama. Jurinya dari perusahaan itu," kata Analis.

Untuk peserta yang luring ada 92 universitas dan yang daring ada 159 universitas. Penilaian daring sudah akan diumumkan pada 19 November 2021. Sedang yang luring dinilai 17-18 November 2021.

Dalam satu booth berisi satu universitas dengan produk 5-8 tim per satu universitas. Wakil Rektor III UB Prof Dr Abdul Hakim mengatakan pada 2020, pelaksanaan KMI full daring di Universitas Podomoro Jakarta. Karena itu tahun ini digelar beda dengan hibrid.

"UB menargetkan minimal satu emas," kata Hakim.

Dikatakan, lomba kafe termasuk yang diakui di ajang ini. Bagi perguruan tinggi, ini akan menjadi poin peringkat di bidang kemahasiswaan dan ujung-ujungnya juga pada peringkat perguruan tinggi.

Pelaksanaan di UB melibatkan 350 LO dari mahasiswa. Panitia juga mengundang sekolah-sekolah dengan jumlah yang diatur dengan aplikasi PeduliLindungi.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved