Breaking News:

Berita Kota Batu

Berjalan Kaki ke Masjid, Pria di Kota Batu Gondol Uang Kotak Amal, Tak Sadar Wajahnya Terekam Jelas

Berjalan kaki ke masjid, pria di Kota Batu gondol uang di kotak amal, tak sadar wajahnya terekam jelas di kamera CCTV saat beraksi.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com
Wajah pencuri uang kotak amal Masjid Jami’ Daarul Muttaqiin, Desa Pandanrejo, Kota Batu, yang terekam kamera CCTV, Rabu (24/11/2021). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Uang di dua kotak amal milik Masjid Jami’ Daarul Muttaqiin, Desa Pandanrejo, Kota Batu, Jawa Timur, digasak maling.

Aksi maling saat mengambil uang dari kotak amal terekam kamera CCTV yang dipasang takmir masjid.

Wajahnya terlihat jelas, termasuk pakaian yang dikenakannya.

Imam Suhadi (51) anggota Takmir Masjid Jami’ Daarul Muttaqiin menerangkan, uang yang dibawa oleh maling tersebut diperkirakan sekitar Rp 400 ribu. Takmir tidak dapat memastikan jumlah uang yang hilang karena belum dikoleksi.

“Rencananya Jumat ini kami ambil. Jadwal rutin mengumpulkan uang sedekah memang hari Jumat,” ujar Imam saat ditemui di lokasi, Jumat (26/11/2021).

Dalam rekaman kamera pengawas tersebut, pelaku beraksi tanpa mengenakan tutup wajah. Pelaku mengenakan jaket yang terlihat berwarna hijau tua. Ia menggunakan sarung kotak-kotak berwarna hitam putih.

Rambutnya pendek dengan tinggi sekitar 165 cm. Berat badan pelaku sekitar 60 Kg. Ia menggunakan alat seperti obeng untuk mencongkel kotak amal di tangga depan masjid. Setelah mencongkel, pelaku tidak langsung mengambil uang yang ada di dalam kotak.

Ia bahkan terlihat sempat menjauhi kotak amal untuk beberapa detik. Kemudian kembali lagi dan langsung mengambil uang. Setelah mengambil uang, ia masih sempat merapikan rupiah yang ia curi sebelum dimasukan ke saku dalam jaket.

Baca juga: Heboh Pencurian Kotak Amal di Masjid Pelem Pare, Pelaku Gasak Uang Jamaah Senilai Rp 25 Juta

Setelah memasukkan uang, ia berdiri lalu meninggalkan tempat. Aksi itu ia lakukan pada Rabu (24/11/2021) sekitar pukul 23.40 WIB. Sementara kotak amal yang satunya berada di kamar kecil. Kamera pengawas tidak menjangkau ke lokasi tersebut. Peristiwa ini adalah yang kedua kalinya di Masjid Jami’ Daarul Muttaqiin dalam dua tahun terakhir.

“Pelaku merusak kotak amal dengan dicukil pakai obeng,'' jelas Imam.

Berdasarkan informasi yang diterima Imam dari warga sekitar masjid, maling tersebut terlihat berjalan kaki dari arah Desa Sidomulyo. Ia berjalan kaki sendirian hingga akhirnya tiba di masjid.

Pagar masjid saat itu tertutup, namun tidak terkunci. Takmir masjid mengikhlaskan apa yang telah terjadi. Para takmir berprasangka baik dengan mengatakan pelaku mungkin saja sedang butuh sekali dengan uang.

“Dari kami takmir masjid ikhlas. Mungkin dia sedang butuh,” ungkapnya.

Meski demikian, dia mengatakan, pengawasan akan diperketat lagi. Ada empat kamera pengawas di masjid. Para takmir mengatakan, sebuah kotak amal yang lebih besar bisa diselamatkan isinya.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved