Breaking News:

Berita Kota Batu

Dewanti Rumpoko Instruksikan Hotel di Kota Batu Suguhkan Kesenian Tradisional untuk Wisatawan

Wali Kota Dewanti Rumpoko menginstruksikan hotel di Kota Batu menyuguhkan kesenian tradisional untuk para wisatawan.

Penulis: Benni Indo | Editor: Dwi Prastika
Istimewa/TribunJatim.com/Diskominfo Kota Batu
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko menginstruksikan setiap hotel di Kota Batu menyuguhkan penampilan kesenian khas Kota Apel, sebutan Kota Batu, Minggu (9/1/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Benni Indo

TRIBUNJATIM.COM, KOTA BATU - Pemerintah Kota Batu menyambut tahun 2022 dengan optimisme gairah kepariwisataan akan kembali.

Sebagai upaya menunjang peningkatan kunjungan wisatawan pada 2022 ini, setiap hotel di Kota Batu akan menyuguhkan penampilan kesenian khas Kota Apel, sebutan Kota Batu.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko telah menginstruksikan hotel-hotel melalui Dinas Pariwisata agar memunculkan inovasi tersebut. Kesenian diharapkan bisa menjadi hiburan bagi para wisatawan yang menginap

“Terobosan ini untuk menggeliatkan sektor pariwisata Kota Batu. Dengan adanya pertunjukan kesenian lokal di hotel-hotel, bisa menghibur para tamu,” ujar Dewanti Rumpoko, Minggu (9/1/2022).

Baca juga: Kebun Binatang Surabaya Masih Jadi Wisata Favorit di Surabaya saat Libur Tahun Baru 2022

Dewanti Rumpoko berencana membuat Peraturan Wali Kota (Perwali) untuk menjadi panduan teknis pelaksanaan di lapangan. Manajemen hotel tidak harus menampilkan pertunjukan setiap hari. Minimal, dalam sepekan, ada satu pertunjukan yang ditampilkan.

“Mari kita semua bersama-sama dan bergandengan tangan untuk membuat Kota Batu bukan hanya memiliki daya tarik pariwisata karena keindahan alamnya saja, namun juga memiliki daya tarik dari seni dan budayanya,” ajak Dewanti Rumpoko.

Dewanti menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Kabupaten Banyuwangi. Di sana, ia melihat pertunjukan kesenian yang ada di hotel. Ia juga ingin Kota Batu memiliki kemeriahan serupa.

“Yang menonton sambil berdiri ditarik Rp10 ribu, yang duduk dikasih makan bayarnya Rp 100 ribu, itu ramai sekali,” ungkap dia.

Terobosan lain yang dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan adalah 51 kegiatan yang tercantum di kalender wisata sepanjang tahun 2022. Kegiatan wisata yang akan dipertontonkan itu mulai dari tingkat desa, kota, regional hingga nasional.

Kepala Disparta Kota Batu, Arief As Siddiq mengatakan, kalender wisata Kota Batu tahun 2022 telah dipersiapkan untuk menarik wisatawan domestik hingga mancanegara agar tertarik datang ke Kota Wisata Batu.

“Dengan adanya Kalender Wisata Kota Batu tahun 2022, kami sangat berharap masyarakat dan wisatawan bisa mengetahui jadwal event. Kemudian wisatawan bisa memilih dan menjadwalkan kunjungan wisatanya ke Kota Batu,” ujar Arief As Siddiq.

Dalam dua tahun terakhir, sektor pariwisata di Kota Batu terpukul akibat pandemi Covid-19 (virus Corona).

Pada 2019, jumlah kunjungan wisatawan yang datang ke Kota Batu mencapai 7,5 juta. Ketika dilanda pandemi Covid-19 pada tahun 2020, jumlah wisatawan yang datang merosot hingga 70 persen dan hanya menyisakan 2,5 juta. Lalu pada 2021, kembali turun dan hanya menyisakan kurang dari 2 juta wisatawan.

Sumber: Tribun Jatim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved