Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Rencanakan Angkutan Khusus Wisata Sambut Bandara Kediri dan Tol Kediri-Tulungagung

Pemerintah Kabupaten Trenggalek antusias menyambut pembangunan Bandara Kediri dan tol penghubung Kediri-Tulungagung. Berbagai hal tengah

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Aflahul Abidin
Ilustrasi tempat wisata di Kabupaten Trenggalek. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Pemerintah Kabupaten Trenggalek antusias menyambut pembangunan Bandara Kediri dan tol penghubung Kediri-Tulungagung.

Berbagai hal tengah direncanakan untuk menjadikan Kabupaten Trenggalek sebagai salah satu pusat daerah tujuan pariwisata yang menonjol di wilayah mataraman.

Teranyar, Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin merencanakan penyiapan angkutan khusus wisata.

Angkutan ini rencananya akan berfungsi sebagai moda transportasi umum bagi para pelancong yang datang ke Jawa Timur via Bandara Kediri atau melintas melewati tol Kediri-Tulungagung.

Baca juga: Sepekan Dua Pembunuhan Terjadi di Jember, Ada yang Dilatari Motif Cemburu

"Nanti sumbernya bisa dari CSR (tanggung jawab perusahaan) atau yang lain. Yang penting nanti terintegrasi dengan jalur sepeda dan halte-halte yang kami punya," kata Bupati, Kamis (20/1/2022).

Namun untuk mewujudkan angkutan khusus itu, pihaknya masih akan memetakan rute yang akan dilewati oleh kendaraan tersebut.

Juga memastikan rute tersebut tersambung dengan baik dan menarik bagi wisatawan.

Menurut pria yang akrab disapa Mas Ipin itu, keberadaan angkutan khusus wisata penting agar orang-orang yang naik pesawat dan turun di Bandara Kediri tak kesulitan saat hendak berwisata.

"Karena kita tidak bisa berekspektasi orang akan pakai kendaraan pribadi untuk ke Trenggalek. Sehingga kendaraan umum juga penting," kata dia.

"Biasanya kalau orang nyampe dari bandara atau terminal, kan tidak mungkin dari bandara bawa kendaraan pribadi. Nah, itu pentingnya ada angkutan khusus wisata," sambung Mas Ipin.

Rencana penyiapan angkutan khusus wisata juga akan ditunjang dengan pengoperasionalan terminal pengumpan di Kabupaten Trenggalek.

Rencananya, terminal ini akan bertempat di Kecamatan Durenan, yang notabene daerah yang berbatasan dengan Tulungagung.

Rencana ini akan dimatangkan seiring dengan progres pembangunan Bandara Kediri dan tol penghubung Kediri-Tulungagung.

"Sehingga nanti ketika infrastruktur tersebut sudah ada, kita sudah siap karena sudah menginisasi sejak awal," ungkap dia.

Sektor pariwisata, bagi Pemkab Trenggalek, adalah "senjata" utama untuk menghidupkan kembali perekonomian pascapandemi.

Maka tak heran, berbagai inovasi dan kebijakan baru dibuat untuk mendukung sektor tersebut agar mampu tumbuh ke depannya. (fla)

Kumpulan berita Trenggalek terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved