Berita Surabaya

Elektabilitas Gerindra Masuk Tiga Besar Hasil Survei di Jawa Timur, Gerindra Jatim Pilih Tak Jumawa

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim menyambut positif kenaikan elektabilitas partai mereka di Jawa Timur. Survei teranyar yang dikeluarkan lemb

TribunJatim.com/Yusron Naufal Putra
Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad saat ditemui di Surabaya.. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Yusron Naufal Putra

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Gerindra Jatim menyambut positif kenaikan elektabilitas partai mereka di Jawa Timur. 

Survei teranyar yang dikeluarkan lembaga Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) menunjukkan, Partai Gerindra menyodok ke posisi tiga besar dengan capaian 15,2 persen. 

Dalam survei yang melibatkan 1200 responden warga Jawa Timur pada rentang Januari 2022 itu, menunjukkan peningkatan elektabilitas Partai Gerindra

Dimana disebutkan, Partai Gerindra mengalami tren positif dibanding survei sebelumnya pada Oktober 2021 yang berada di angka 13,5 persen. 

"Kami tentu memberikan apresiasi dan terimakasih yang besar pada masyarakat Jawa Timur," kata Ketua DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad merespon hasil survei tersebut, Senin (21/2/2022). 

Baca juga: Momentum HUT ke-14, Partai Gerindra Jatim Instruksikan Kader Makin Dekat Dengan Rakyat

Menurut Gus Sadad, bagi pihaknya, tren positif itu menunjukkan jika upaya yang telah dilakukan sesuai harapan. Diantaranya, upaya menyasar kaum millenial serta menggandeng para tokoh di Jawa Timur. 

Sekalipun demikian, Gus Sadad menyebut pihaknya tak boleh langsung jumawa. Hasil survei semacam itu, dimaknai sebagai bahan rujukan dan evaluasi untuk peningkatan lebih. 

Apalagi, lanjutnya, kontestasi masih menyisakan waktu dua tahun lagi. Sehingga, upaya genjot langkah politik perlu terus dilakukan pihaknya di Jawa Timur. 

"Waktu dua tahun ini, masa yang menurut kami krusial, Gerindra akan terus bergerak sehingga semakin tinggi kepercayaan publik kepada Gerindra," ungkapnya. 

Baca juga: Fraksi Gerindra Beri Catatan Positif Kinerja Tiga Tahun Khofifah - Emil

Wakil Ketua DPRD Jatim itu menegaskan, bagi pihaknya, langkah politik merupakan instrumen untuk menjemput mandat dari masyarakat. Sehingga, dapat menjadi solusi untuk problem masyarakat. 

Sebelumnya, Direktur Eksekutif ARCI Baihaki Sirajt merinci hasil survei yang dilakukan pihaknya. 

Di posisi lima besar partai politik ada PKB (23,6 persen), PDI Perjuangan (17,1 persen), Gerindra (15,2 persen) Golkar (10,1 persen) dan Partai Demokrat (8,2 persen). 

Survei ARCI teranyar ini memakai metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar ± 3 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. 

Baca juga: Pacu Semangat Kader, Partai Gerindra Jatim Pastikan Optimal Antar Prabowo Subianto di Pilpres 2024

Menurut Baihaki, dari temuan survei yang dilakukan pihaknya peningkatan Partai Gerindra terbilang menarik. Sebab, pergerakannya dinilai signifikan dibanding survei sebelumnya. 

"Saat itu (Survei Oktober) Partai Gerindra di angka 13,5 persen," kata Baihaki di Surabaya belum lama ini. 

Tren tersebut dipengaruhi beberapa faktor. Menurut Baihaki, pada survei sebelumnya, Gerindra lemah di segmen millenial dan emak-emak di Jawa Timur. Namun saat ini, Gerindra mulai menguat di segmen millenial. 

Hanya saja tinggal segmentasi emak-emak yang perlu terus dimaksimalkan untuk semakin memperkuat. Jika tren ini dapat ditingkatkan, Baihaki menilai tentu peluang menempel partai diatasnya terus terbuka lebar. 

"Sekarang segmen millenial sudah mulai mengarah, tinggal emak-emaknya," jelas Baihaki. 

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved