Berita Tuban

Rencana Pembangunan Jalan Tol Tuban-Demak Santer Terdengar, Paling Cepat Dilaksanakan pada 2023

Rencana pembangunan Jalan Tol Tuban-Demak kian santer terdengar, proyek ini paling cepat dilaksanakan pada tahun 2023 mendatang.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
Konsultan Toll Road and Bridges Final Business Case (FBC) and Bidding Document Developer, Ridwan Hoesin, menjelaskan tentang rencana pembangunan Jalan Tol Tuban-Demak, Minggu (20/2/2022).  

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Rencana pembangunan Jalan Tol Tuban-Demak, kian santer terdengar. 

Bahkan, pihak yang terkait dengan pelaksanaan proyek strategis nasional (PSN) itu sudah menemui warga di Kabupaten Tuban, Jawa Timur, untuk sosialisasi. 

Ratusan orang pemilik tanah maupun perangkat desa turut dihadirkan dalam proses penyampaian informasi, kaitannya dengan pembebasan lahan

"Proyek ini tidak bisa cepat, ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Di antaranya, sosialisasi," kata Konsultan Toll Road and Bridges Final Business Case (FBC) and Bidding Document Developer, Ridwan Hoesin, Minggu (20/2/2022). 

Ridwan Hoesin menjelaskan, setidaknya ada 200 warga Kabupaten Tuban yang akan terdampak rencana pembangunan jalan tol tersebut. 

Bahkan, kemungkinan permukiman warga juga ada yang digusur, tapi untuk lokasi detail secara pasti belum bisa diinformasikan. 

Hal itu dilakukan untuk menjaga sesuatu yang tidak diinginkan, seperti mafia tanah. 

"Belum banyak yang bisa disampaikan, kami juga tidak mau sampai ada mafia tanah yang masuk nanti," ungkap pria 56 tahun itu. 

Ridwan Hoesin menambahkan, proyek ini paling cepat dilaksanakan pada tahun 2023, karena ada tahapan-tahapan yang harus diselesaikan. 

Untuk anggaran pembangunan proyek nasional inipun masih dalam proses hitung. 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan dilibatkan dalam pembebasan lahan dan pembangunan tol. 

"Setiap proyek strategis nasional akan melibatkan KPK, ini agar taat terhadap aturan hukum yang ada, sebagai pengawasan keuangan negara," pungkasnya.

Sekadar diketahui, rencana proyek pembangunan Jalan Tol Demak-Tuban akan melewati 35 desa dari 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban.

Ruas jalan panjang tol sekitar 53,8 kilometer untuk wilayah Tuban itu meliputi, Kecamatan Bancar, Kerek, Merakurak, Semanding, dan Tambakboyo.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved