Berita Madura

Tanpa Musdes, BPD Saseel Pulau Sapeken Sebut Penerima KPM BLT DD 2022 Cacat Prosedur, Kades Merespon

Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Saseel, Kecamatan atau Sapeken Sumenep sebut penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada BLT DD Tahun 2022 dinilai

freepik.com
Ilustrasi Penerima KPM BLT DD 2022 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Ali Hafidz Syahbana

TRIBUNMADURA.COM, SUMENEP - Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Saseel, Kecamatan atau Sapeken Sumenep sebut penetapan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada BLT DD Tahun 2022 dinilai cacat prosedur.

Pasalnya, proses penetapan KPM BLT DD Tahun 2022 tanpa melalui Musyawarah Desa (Musdes).

Parlan, Ketua BPD Saseel mengatakan, bahwa penetapan tersebut harus melalui Musdes.

"Cacat prosedur, sudah saya sarankan kepada Kades Saseel Ahmad Taufik, agar mengadakan Musdes tentang penetapan KPM pada BLT DD Tahun 2022 Desa Saseel, sehingga data penerima bantuan tidak tumpang tindih. Namun tidak direspon ada apa," kata Parlan, Senin (21/3/2022).

Ia juga menyebutkan, bahwa KPM pada BLT DD Tahun 2022 itu mayoritas keluarga terdekat Kades Saseel Ahmad Taufik.

Bahkan, data penerima KPM ternyata mendapat Bantuan Sosial (Bansos) berupa Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Sosial Tunai (BST).

"Kami juga bingung dengan sikap Kades Ahmad Taufik, padahal kami sudah usulkan untuk melakukan Musdes jauh hari sebelumnya, guna antisipasi data ganda. Tapi tidak direspon," kecewanya.

Baca juga: Kasus Dugaan Pemotongan Dana PKH di Probolinggo Terus Didalami Polisi

Dikonfirmasi Kepala Desa Saseel Ahmad Taufik, membenarkan bahwa di Desa yang ia pimpin memang tidak dilaksanakan Musdes tentang penetapan KPM pada BLT DD Tahun 2022.

Alasannya, sudah disepakati bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BDP) Saseel.

"Penetapan KPM pada BLT DD Tahun 2022 sudah diatur dari pusat, agar dianggarkan 40 persen dari pagu Dana Desa (DD). Maka pemerintah Desa melakukan pendataan langsung dan kita memang tidak ada Musdes. Tetapi semua data KPM atas persetujuan (BDP) Saseel," jawabnya.

Ditanya soal data KPM pada BLT DD Tahun 2022 mayoritas keluarga terdekatnya, ia mengelak dengan pertanyaan tersebut.

Baca juga: Penerima KPM PKH di Gresik Resah, Harus Iuran Untuk Menabung dan Kas Konsumsi 

"Coba suruh cek langsung ke bawah, sampean tau dari mana kalau KPM pada BLT DD Tahun 2022 rata-rata keluarga terdekat saya," katanya dengan balik nanya.

Ia Kemudian, menjelaskan bahwa data KPM pada BLT DD Tahun 2022 sudah terpampang di tempat umum dengan jumlah 145 KPM dan tidak harus dilakukan Musdes karena hanya pendataan.

"Terkait Masyarakat yang mendapatkan Bantuan Sosial (Bansos) berupa BPNT, PKH dan BST, hampir semua Masyarakat memang menerima, jadi untuk penyalurannya otomatis sedikit banyak pasti menerima semua bantuan tersebut," katanya.

Baca juga: Polisi Mulai Panggil Koordinator PKH dan BPNT Terkait Masalah Bansos Lumajang

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved