Berita Lamongan

Kepergok Hendak Curi Kambing di Lamongan, Pelaku Pura-pura Gila dan Kabur Tinggalkan Motor

Para peternak kambing di Desa Dagan, Kecamatan Solokuro, Lamongan Jawa Timur tidak tenang ulah para pencuri. Lantaran pencurian hewan ternak kerap

Penulis: Hanif Manshuri | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Hanif Manshuri
Kambing milik warga Lamongan 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Hanif Manshuri

TRIBUNJATIM.COM, LAMONGAN - Para peternak kambing di Desa Dagan, Kecamatan Solokuro, Lamongan Jawa Timur tidak tenang ulah para pencuri.

Lantaran pencurian hewan ternak kerap terjadi, kini warga mengaktifkan gerakan jaga malam untuk melindungi ternak dari pencuri yang kerap menyatroni kandang mereka.

Mereka yang memelihara hewan ternak, seperti kambing dan sapi wajib jaga malam secara bergiliran.

"Hewan peliharaan warga desa di lahan tegalan Mertai sering hilang dicuri. Sekarang sepakat, yang punya ternak giliran jaga malam ," kata Munarji (50), warga Desa Dagan yang kehilangan kambing, Selasa (22/3/2022).

Upaya para peternak mengaktifkan jaga malam mulai membuahkan hasil. Terakhir seseorang yang hendak beraksi harus mengurungkan niatnya.

Baca juga: Seusai Selingkuhi Istri Orang Lain, Pria di Gresik Hilang Misterius, Polisi Ungkap Fakta

Ceritanya, saat para pemilik kambing dan sapi jaga malam di sekitar kandang ternak yang berada di tegalan Mertai desa setempat, pada Jumat (18/3/2022) lalu, warga memergoki seorang yang hendak beraksi mencuri kambing.

Kasmaji (39), yang malam kejadian itu memergoki seseorang mencurigakan sekitar pukul 00.00 WIB. Namun Orang yang dicurigai itu berusaha kabur.

Saksi Kasmaji tidak ingin kehilangan jejak terduga dan berusaha mengejarnya. Saksi berhasil mengejar dan menegurnya. Diluar dugaannya, orang tersebut tiba-tiba berpura-pura seperti ODGJ dan membuang sebagian barang bawaannya.

"Orangnya pura-pura gila. Ia juga membuang HP dan tas yang dibawanya, dan melepas sebagian pakaiannya. Lalu kabur ke arah utara," ungkapnya.

Naas, Kasmaji tak berhasil membuntuti terduga. Saksi kehilangan jejak karena situasi malam yang gelap.

Selang beberapa jam kemudian, Kasmaji yang hendak pulang lalu melintasi gubuk milik Mustari (45). Kala itu, Kasmaji diberi tahu oleh Mustari jika ada 1 (satu) ekor kambing jenis domba berbulu putih yang terlepas.

Karena diduga kambing itu milik Munarji, keduanya langsung menghubungi Munarji untuk memastikan status kepemilikan kambing tersebut.

"Ternyata benar, kambing yang lepas itu adalah milik Munarji," kata Mustari.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved