Berita Madura

Alasan Mau Beli Rokok, Napi di Pamekasan Pakai Motor Petugas Lapas Buat Curi Kotak Amal di Musala

Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura terekam kamera CCTV hendak mencuri kotak amal di Musala Nurul Ikhlas, Kelurahan Pa

Penulis: Kuswanto Ferdian | Editor: Ndaru Wijayanto
istimewa
Hasil tangkapan layar dari video CCTV yang beredar viral yang merekam aksi pencurian kotak amal yang dilakukan WBP Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura, Kamis (7/4/2022) siang. 

Laporan Wartawan TribunJatima.com, Kuswanto Ferdian

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIA Pamekasan, Madura terekam kamera CCTV hendak mencuri kotak amal di Musala Nurul Ikhlas, Kelurahan Parteker, Kabupaten Pamekasan, Kamis (7/4/2022) siang.

Dalam rekaman video CCTV berdurasi 2 menit 47 detik tersebut, saat hendak mencuri kotak amal itu, WBP Lapas Kelas IIA Pamekasan ini mengendarai motor Scoopy berplat nomor M 6539 BP.

Dalam rekaman yang beredar viral di berbagai media sosial itu, WBP tersebut terlihat hendak merusak gembok kotak amal memakai tang.

Untuk menyamarkan wajah aslinya, WBP tersebut saat hendak mencuri kotak amal memakai masker dan topi, serta memakai kaos berwarna merah dan bercelana pendek.

Meski beberapa kali mencoba untuk merusak gembok kotak amal musala itu, WBP ini tidak bisa membukanya.

Akhirnya kotak amal tersebut gagal dicuri.

Kasi Kegiatan Kerja Lapas Kelas IIA Pamekasan, Dwi Puji Mulyanto membenarkan bahwa pria yang terekam viral hendak mencuri kotak amal itu adalah WBP Lapas Kelas IIA Pamekasan.

Baca juga: Jebol Dinding Pakai Sikat Gigi, Tahanan Kasus Narkoba Ini Kabur dari Rutan Sampang, Petugas Heran

Baca juga: Pak Haji Palsu Asal Kediri Bawa Kabur Kacang Hijau Milik Pedagang hingga 2 Ton, Begini Modusnya

Mulanya, WBP ini pamit pinjam motor ke petugas penjaga Lapas Kelas IIA Pamekasan di tempat pencucian motor Nato milik Lapas Kelas IIA Pamekasan.

Siang itu WBP tersebut beralasan ingin membeli rokok di depan Kantor Taspen, Jalan Kabupaten yang lokasinya tak jauh dari tempat WBP ini bekerja di tempat pencucian motor Nato.

"Sampai itu kelanjutannya kami gak tahu. Tahu-tahu staf saya telepon memberitahu kalau ada kejadian tersebut. Kejadiannya sekitar pukul 13.30 WIB," kata Dwi Puji Mulyanto saat dikonfirmasi TribunMadura.com, Minggu (10/4/2022) kemarin.

Menurut Mulyanto, kotak amal yang hendak dicuri oleh warga binaannya itu tidak berhasil dibuka meski berupaya untuk mengambil.

Semalam pasca kejadian tersebut, perwakilan petugas Lapas Kelas IIA Pamekasan langsung bertemu dengan Takmir Musala Nurul Ikhlas untuk membicarakan masalah pencurian itu.

Ia bersyukur Takmir Musala Nurul Ikhlas tidak akan meneruskan kasus tersebut ke Kepolisian.

"Saya pribadi mewakili Lapas Kelas IIA Pamekasan minta maaf kepada warga Pamekasan dengan adanya kejadian ini," ujarnya.

Berdasarkan data yang dihimpun, WBP yang hendak mencuri kotak amal itu berinisial ER (24), pria warga Kecamatan Proppo.

Sebelumya, ia ditahan di Lapas Kelas IIA Pamekasan dengan lama pidana 1 setengah tahun lantaran mencuri motor.

Di Lapas Kelas IIA Pamekasan, WBP ini telah menjalani separuh tahanan dari pidananya.

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved