Berita Kesehatan

Hindari Konsumsi Kopi dan Teh saat Sahur Jika Tak Ingin Mudah Haus dan Dehidrasi

Kopi dan teh merupakan dua minuman yang selalu hadir dan disukai banyak kalangan. Meminum kopi untuk meningkatkan fokus serta teh saat bersantai mampu

TribunJatim.com/Melia Luthfi Husnika
Ahli Gizi dari Akademi Gizi Karya Husada Kediri, Mirthasari Palupi menjelaskan tentang manfaat kurma untuk berbuka puasa, Minggu (3/4/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Luthfi Husnika

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Kopi dan teh merupakan dua minuman yang selalu hadir dan disukai banyak kalangan. Meminum kopi untuk meningkatkan fokus serta teh saat bersantai mampu memberi rasa rileks. 

Kopi diketahui mengandung kafein yang punya manfaat meningkatkan fokus, meningkatkan performa olahraga hingga meningkatkan daya ingat. 

Namun ternyata, konsumsi kopi yang mengandung kafein tidak dianjurkan saat sedang santap sahur. Begitu pula teh, meski kadar kafein tak terlalu tinggi, minum banyak teh saat sahur juga tak dianjurkan. 

Untuk itu, pecinta kopi dan teh harus memperhatikan waktu yang tepat untuk konsumsi keduanya, terutama saat Ramadan dan menjalankan ibadah puasa. 

Diungkapkan oleh Mirthasari Palupi SST, M. Kes., Ahli Gizi dari Akademi Gizi Karya Husada Kediri, konsumsi kopi dan teh yang mengandung kafein di waktu tak tepat justru bisa mengganggu puasanya. 

Sebab, kafein yang masuk dalam tubuh akan memicu banyak cairan keluar. Untuk itu, tidak disarankan minum kopi atau teh bersamaan atau setelah makan sahur. 

"Kopi atau teh ini kan mengandung kafein. Nah kafein itu memicu pengeluaran cairan tubuh lebih banyak. Setelah minum kopi atau teh, pasti akan sering buang air," kata perempuan yang akrab disapa Upi tersebut. 

Upi melanjutkan, jika tubuh banyak mengeluarkan cairan melalui urin di pagi hari, seseorang akan lebih mudah haus. Padahal ia harus berpuasa seharian. 

Banyaknya cairan yang dikeluarkan akibat konsumsi kafein di waktu tak tepat juga bisa memberi pengaruh buruk pada tubuh. Bahkan, jika konsumsinya berlebih, tubuh bisa kekurangan cairan dan dehidrasi. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved