Berita Surabaya

Kemensos Salurkan BLT Minyak Goreng untuk 14.395 Warga Surabaya Selatan

Kementerian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Surabaya, Sabtu (16/4/2022). Berlangsung di Kecamatan Rungkut, ada 220 penerima

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
Warta Kota
Ilustrasi uang BLT yang disalurkan ke warga Indonesia 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Kementerian Sosial mulai menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) di Surabaya, Sabtu (16/4/2022). Berlangsung di Kecamatan Rungkut, ada 220 penerima yang hadir secara langsung.

Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kementerian Sosial Pepen Nazaruddin hadir menyaksikan langsung penyaluran bantuan. Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan Staf Khusus Menteri Bidang Hubungan dan Kemitraan Lembaga Luar Negeri Faozan Amar turut hadir.

Dalam penyaluran ini, masing-masing keluarga penerima manfaat (KPM) menerima bantuan Rp100 ribu dalam tiga bulan (April, Mei, Juni). Namun, bantuan ini disalurkan secara sekaligus (total Rp300 ribu) pada April.

Kebijakan ini sebagai upaya membantu warga terdampak kenaikan harga minyak goreng. Pepen menyatakan, BLT Minyak Goreng merupakan kebijakan Presiden Joko Widodo.

Baca juga: Truk Bermuatan Sembako Terguling di Tanjakan Ponorogo, Gula hingga Minyak Goreng Berhamburan

Ini demi meningkatkan daya beli masyarakat pra-sejahtera. Khususnya, kenaikan harga selama Ramadan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

“Kita ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden. Dengan bantuan yang ada, kami yakin bisa membantu bapak-ibu memenuhi sebagian kebutuhan pokok sampai dengan Idul Fitri," katanya.

Pepen mengutip arahan Menteri Sosial Tri Rismaharini mengingatkan agar bantuan ini bisa digunakan untuk kepentingan mendesak. "Kami minta bapak-ibu dapat membelanjakan bantuan tersebut untuk keperluan mendesak, seperti untuk membeli kebutuhan pokok,” kata Pepen.

Dirjen Linjamsos juga memuji sikap responsif jajaran Pemerintah Kota Surabaya dalam menangani kebutuhan masyarakat pra-sejahtera di Kota Pahlawan. "Kami berikan apresiasi sepenuhnya untuk jajaran Pemkot Surabaya di bawah kepemimpinan Bapak Wali Kota Eri Cahyadi,” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Eri Cahyadi berpesan agar bantuan ini bisa digunakan untuk membeli bahan sembako. "Tolong untuk beli sembako nggeh Bapak Ibu. Apalagi sebentar lagi lebaran," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved