Berita Jatim

Cerita Kapolres Jombang soal Aiptu Jailani yang Pernah Tilang Istri Sendiri: Itu yang Benar

Kepergian anggota Satlantas Polres Gresik, Aiptu Jailani meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat, khususnya warga Gresik. Sebab, Aiptu

Editor: Januar
Istimewa/ TribunJatim.com
Kapolres Jombang AKBP M Nur Hidayat 

TRIBUNJATIM.COM, JOMBANG - Kepergian anggota Satlantas Polres Gresik, Aiptu Jailani meninggalkan duka yang mendalam bagi masyarakat, khususnya warga Gresik.

Sebab, Aiptu Jailani dikenal sebagai seorang polisi yang tegas, jujur, dan tak kenal kompromi dalam menegakkan aturan.

Bahkan, saat sang istri melanggar aturan lalu lintas, Aiptu Jailani juga pernah menilangnya.

Terkait hal itu, Kapolres Jombang yang juga mantan Wakapolres Gresik, AKBP M Nur Hidayat juga ikut memberikan pujiannya kepada Aiptu Jailani.

"Kebetulan saya pernah menjabat Wakapolres di Gresik tahun 2016, saya itu tahu betul karakter, karena kita pernah saya ngobrol berdua gitu, dan juga didukung komentar-komentar dari rekan seprofesi dan masyarakat terkait ketegasan, keadilan, dan juga loyalitas beliau itu luar biasa untuk institusi Polri," kenang Nur Hidayat saat ditemui TribunJatim.com di Jombang, Senin (18/4/2022).

Baca juga: Kabar Duka, Aiptu Jailani Meninggal Dunia, Dikenal Polisi yang Pernah Tilang Istri Sendiri

Termasuk saat ketegasan Aiptu Jailani menilang istrinya, Nur Hidayat juga memberikan komentarnya.

"Hal yang menarik adalah kita memang mendengar istri sendiri ditilang, ini sangat luar biasa. Bagi zaman sekarang atau waktu itu sangat-sangat aneh, kok segitunya sih? Seolah-olah melawan arus itu ekstrem, seolah-olah tidak ada toleransi," lanjut pria asal Grobogan itu.

Namun, menurut Nur Hidayat hal itu justru merupakan sebuah contoh yang bagus.

"Justru dengan sikapnya beliau yang sangat teguh terkait dengan prinsipnya itu yang membuat bahwa justru yang lain belajar bahwa itu yang benar, sehingga tidak ada resistensi, tidak penolakan baik dari sesama anggota, ataupun pimpinan dan juga masyarakat," jelas Nur Hidayat.

Sehingga, masyarakat kemudian menyadari jika mereka melanggar aturan lalu lintas, dan kemudian mendapatkan tilang dari Aiptu Jailani.

"Ketika ditilang misalnya, masyarakat itu tidak ada yang protes, tidak ada yang sampai komplain di medsos, karena memang komitmen seperti itu harapannya masyarakat yang tegas. Masyarakat juga menyadari jika mereka kena tilang, melanggar aturan, seperti itu aturan yang ditegakkan." kata Nur Hidayat.

Nur Hidayat berharap apa yang dilakuka ole Aiptu Jailani bisa menjadi contoh bagi siapapun.

"Kita berharap suri ketauladanan oleh almarhum bisa kita contoh, sehingga masyarakat akan lebih trust terhadap institusi Polri,"tandasnya.

Kumpulan berita Jatim terkini

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved