Pakar Ekonom Unair Surabaya Sebut jika Elon Musk Berinventasi Akan Beri Keuntungan untuk Indonesia

Dosen Unair Surabaya, Unggul Heriqbaldi menyebut, jika Elon Musk berinvestasi di Indonesia, maka akan memberikan keuntungan untuk Indonesia.

Penulis: Fikri Firmansyah | Editor: Dwi Prastika
Kompas.com
Elon Musk saat didatangi oleh Presiden Jokowi di Amerika Serikat langsung ke kantornya. 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Fikri Firmansyah

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Dr Unggul Heriqbaldi SE MSi MAppEc menyebut, jika Elon Musk berinvestasi di Indonesia, maka akan memberikan keuntungan untuk Indonesia.

Penilaian Unggul terkait investasi Elon Musk di Indonesia akan memberikan beberapa keuntungan untuk Indonesia didasarkan beberapa hal.

Pertama, global wave mengenai kendaraan ramah lingkungan semakin besar dari tahun ke tahun.

“Jika Tesla yang menjadi the largest electric vehicle producer in the world berinvestasi di Indonesia, maka Indonesia akan masuk dalam landscape industri dan pasar electric vehicle di dunia,” ungkap Unggul, Sabtu (28/5/2022).

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Unggul Heriqbaldi menilai, jika Elon Musk berinvestasi di Indonesia, maka akan bisa menguntungkan Indonesia, Sabtu (28/5/2022).
Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya, Unggul Heriqbaldi menilai, jika Elon Musk berinvestasi di Indonesia, maka akan bisa menguntungkan Indonesia, Sabtu (28/5/2022). (Istimewa/TribunJatim.com)

Lanjutnya, hal ini akan berdampak pada potensi ekspor produk hilir bijih nikel yang semakin besar sesuai dengan peta jalan dan policy Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan domestic value added pada produk-produk yang diekspor.

Selain itu, akan tercipta lapangan pekerjaan dengan skill-sets yang lebih tinggi dan spillover effect bagi industri lain yang terkait secara horizontal di Indonesia.

Kedua, bukan tidak mungkin dengan tersedianya industri lithium-ion battery cells di dalam negeri, maka industri dan pasar electric vehicle di Indonesia akan tumbuh jauh lebih pesat.

Menurut Unggul, dengan skala investasi yang besar dalam lithium-ion battery cells, maka akan tercipta economies of scale, yang berarti harga battery menjadi semakin kompetitif di pasar dalam negeri.

"Berkembangnya industri electric vehicle di dalam negeri tentu akan mendorong job creation dan ekspor karena keunggulan komparatif yang dimiliki Indonesia," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved