Berita Kediri

Pasar Hewan di Kota Kediri Kembali Dibuka Jelang Idul Adha, Roda Ekonomi Pedagang Diharap Bisa Laju

Setelah ditutup sejak merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Pemkot Kediri membuka kembali Pasar Hewan di Jl Raung, Kota Kediri, Sabtu (2/7/2

Penulis: Didik Mashudi | Editor: Ndaru Wijayanto
TRIBUNJATIM.COM/DIDIK MASHUDI
Petugas melakukan persiapan pembukaan kembali Pasar Hewan di Jalan Raung, Kota Kediri. Hal ini diahrap bisa permudah masyarakat yang ingin mencari hewan kurban 

TRIBUNJATIM.COM, KEDIRI - Setelah ditutup sejak merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), Pemkot Kediri membuka kembali Pasar Hewan di jalan Raung, Kota Kediri, Sabtu (2/7/2022).

Pembukaan pasar hewan ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha yang akan datang seminggu lagi.

Hal ini disambut antusias pedagang yang telah lama tidak dapat berjualan hewan ternak di pasar.

Direktur Perusahan Daerah Pasar Kota Kediri, M Ihwan Yusup menjelaskan telah melihat persiapan pembukaan pasar hewan

"PMK di Kota Kediri masih di bawah 50 persen atau statusnya masih tertular belum menjadi wabah. Jadi kita diperbolehkan melakukan pembukaan pasar hewan kembali agar memudahkan masyarakat untuk mencari hewan kurban," ungkapnya.

Ihwan menjelaskan, hewan yang akan dijual diharapkan memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Pihak PD Pasar Kota Kediri telah berkoordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Kediri untuk melakukan pengecekan hewan. 

Baca juga: Jelang Idul Adha, Penjualan Sapi di Pasar Hewan Trenggalek Anjlok, Penurunan Sampai 80 Persen

Jika saat diperiksa memiliki tanda-tanda adanya penyakit, maka hewan tersebut tidak diperbolehkan masuk kedalam pasar.

"Pembukaan pasar hewan kita perketat persyaratannya. Kita sudah melakukan koordinasi dengan DKPP Kota Kediri dan Pemerintah Provinsi yang mana intinya pembukaan ini dilakukan menjelang Hari Raya Idul Adha," jelasnya.

Namun Ihwan belum dapat memastikan pembukaan pasar hewan di Kota Kediri berlangsung hingga kapan. Karena perlu melakukan koordinasi kembali dengan pihak-pihak terkait. 

Sementara Edi Darmasto selaku Pengawas PD Pasar mengatakan, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian jika daerah yang angka penyebarannya masih dibawah 50 persen diperbolehkan untuk melakukan pembukaan pasar hewan

Diharapkan dengan dibukanya kembali pasar hewan dapat mempermudah masyarakat dalam mencari hewan kurban yang diinginkan. Serta wabah penyakit PMK di Kota Kediri dapat segera berakhir.

"Pembukaan pasar hewan ini nantinya dapat memudahkan masyarakat dalam mencari hewan kurban dan roda ekonomi dari para penjual hewan dapat berjalan kembali. Pemkot Kediri terus berupaya agar Kota Kediri dapat terbebas dari wabah PMK," ungkapnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved