Penangkapan DPO Pencabulan Jombang

Ada 20 Anak-anak Dikerahkan Hadang Upaya Tangkap Paksa Anak Kiai Jombang, Polisi: Miris

Sejumlah 20 dari 323 orang yang diamankan kepolisian di Mapolres Jombang karena menghalangi upaya kepolisian menangkap MSAT (41) seorang DPO tersangka

Penulis: Luhur Pambudi | Editor: Ndaru Wijayanto
Istimewa/TribunJatim.com
Viral video diduga santri putri menangis saat Pondok Pesantren Shiddiqiyyah, Desa Losari, Kecamatan Ploso, Kabupaten Jombang, digeledah ratusan petugas kepolisian untuk menangkap MSAT (41) anak kiai Jombang yang merupakan DPO kasus kekerasan seksual terhadap santri, Kamis (7/7/2022) malam.  

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Luhur Pambudi

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sejumlah 20 dari 323 orang yang diamankan kepolisian di Mapolres Jombang karena menghalangi upaya kepolisian menangkap MSAT (41) DPO tersangka pencabulan santriwati di ponpes Jombang, merupakan anak-anak. 

Kasat Reskrim Polres Jombang Iptu Giadi Nugraha mengungkapkan, 20 orang anak-anak tersebut digerakkan oleh pentolan atau loyalis yang mengerahkan massa untuk menghalangi kepolisian menangkap MSAT

"Kemudian, dalam pergerakan massa dari Ploso, ini kita dapatkan pergerakan massa anak-anak di bawah umur. Ini juga miris," ujarnya di Mapolres Jombang, Jumat (8/7/2022). 

Oleh karena itu, Iptu Giadi menambahkan, pihaknya melibatkan stakeholder terkait dari pihak pemerintah Kabupaten Jombang untuk memberikan pendampingan terhadap anak-anak itu.

Bahkan, sebelum memperbolehkan mereka pulang. Pihak kepolisian memanggil para orangtua untuk dilakukan edukasi dan imbauan agar memberikan pengawasan terhadap anak-anak mereka. 

"Maka dari itu, sore ini kita libatkan dinas perlindungan perempuan dan anak. Lalu kami panggil orangtua yang bersangkutan. Kemudian kami gandeng pemerintah setempat," pungkas mantan Kasat Reskrim Polres Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya itu. 

Baca juga: Breaking News, Jelang Tengah Malam, Mas Bechi Anak Kiai Jombang DPO Pencabulan Menyerahkan Diri

Sebelumnya, proses upaya penangkapan paksa terhadap MSAT dilakukan oleh pasukan dari jajaran Ditreskrimum Polda Jatim sejak pukul 07.30 WIB, Kamis (7/7/2022).

Informasinya, dalam proses upaya penggeledahan dan penangkapan terhadap MSAT. Polisi mengamankan sejumlah orang yang diduga terlibat dalam upaya menghalang-halangi petugas.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto mengungkapkan, sejumlah orang yang diamankan itu, dibawa menggunakan mobil menuju ke Mapolres Jombang

"Nanti akan kita data ke polres, kami akan periksa semua. Nanti akan kami informasikan. Sementara itu," katanya, Kamis (7/7/2022). 

Sejumlah orang itu diamankan polisi karena menghalang-halangi upaya polisi menggeledah sejumlah area ponpes yang diduga menjadi tempat persembunyian MSAT. 

Baca juga: Halangi Upaya Jemput Paksa, 360 Simpatisan Anak Kiai Jombang Diamankan Polisi, Ada Puluhan Anak-anak

"Kami masih melakukan upaya penggeledahan di beberapa gedung. Karena di dalam luas sekali. Gedung kamar kamar, itu kami periksa. Mudah mudahan dalam waktu dekat segera kita menemukan tersangka," jelasnya. 

Mantan Kapolsek Wonokromo itu mengungkapkan, petugas sempat terlibat aksi dorong dengan sejumlah orang yang menghalangi kedatangan para petugas untuk masuk ke dalam area ponpes. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved