Berita Pamekasan

Ramah Lingkungan dan Unik, Komunitas KITA Pamekasan Gunakan Daun Siwalan untuk Wadah Daging Kurban

Unik dan ramah lingkungan, Komunitas KITA Pamekasan menggunakan daun siwalan untuk wadah daging kurban Idul Adha yang dibagikan ke warga.

Editor: Ndaru Wijayanto
TribunJatim.com/istimewa
Komunitas KITA Pamekasan memilih menggunakan daun siwalan untuk wadah daging kurban Idul Adha 2022 yang dibagikan ke warga. 

TRIBUNJATIM.COM, PAMEKASAN - Sebanyak empat komunitas yang tergabung dalam kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) di Pamekasan, Madura menggunakan wadah unik untuk membungkus daging kurban Hari Raya Idul Adha 2022 yang diberikan ke warga. Kali ini yang digunakan adalah daun buah siwalan.

Koordinator acara dengan tema KITA Berbagi 2022 Ranggha Darmawan mengatakan, ada empat komunitas yang terlibat dalam program ini. Komunitas itu adalah ARM (Ana'en Reng Majheng), gerakan pemuda pemudi Grujugan (Genpita), Raja Hapus 86, dan Bold Riders Bangkalan," ujarnya, Selasa (19/7/2022).

Komunitas yang berada di Pamekasan, Sumenep dan Bangkalan ini semua memakai wadah ramah lingkungan sebagai tempat daging kurban.

Baca juga: 30 Komunitas di Jember Kompak Bagikan Paket Daging Kurban Pakai Daun Jati & Pisang: Ramah Lingkungan

Dari ke empat komunitas, Genpita yang cukup unik, jika daerah lainnya memakai daun jati dan pisang, di Genpita memakai daun siwalan.

"Selain ramah lingkungan, juga banyak tersedia di seputar lokasi di desa Grujugan. Daging yang dibungkus daun siwalan ini dibagikan di empat dusun wilayah sana, yakni Dusun Karang Mimba, Dusun Palegin, Dusun Tolasan, dan Dusun Karang Pao. Total ada lima kambing," beber Ranggha Darmawan.

Program KITA Berbagi 2022 ini serentak dilaksanakan di 87 kabupaten Kota di Indonesia Timur. KITA Berbagi tahun ini ada 637 ekor sapi dan kambing yang dibagikan ke masyarakat.

Pada tahun 2020 dan 2021, Program KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapainnya.

Baca juga: Kampanye Ramah Lingkungan, Bold Riders Tulungagung dan Trenggalek Salurkan Daging Pakai Wadah Besek

Pada tahun 2021 lalu, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak oleh komunitas dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini kolaborasi berbagai komunitas ini juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Data awal sudah ada 10.583 paket daging kurban yang dibagikan dengan wadah ramah lingkungan seperti besek, daun jati, daun pisang dan wadah ramah lingkungan lainnya. Data ini adalah jumlah sementara dan diperkirakan akan terus bertambah dalam sepekan kedepan. (*)

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved