Berita Kota Madiun

Menparekraf Sandiaga Uno Puji Penataan Kota Madiun yang Tak Kalah dengan Citayam: Sangat Takjub

Menparekraf Sandiaga Uno memuji penataan Kota Madiun yang tak kalah dengan Citayam: Kami sangat takjub dan terkagum-kagum.

TribunJatim.com/Sofyan Arif Candra
Menparekraf Sandiaga Uno bersama Wali Kota Madiun, Maidi, dan Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya, saat ditemui di Edupark Ngrowo Bening, Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (27/7/2022). 

Laporan Wartawan TribunJatim.com, Sofyan Arif Candra

TRIBUNJATIM.COM, MADIUN - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno takjub dengan penataan wilayah Kota Madiun, Jawa Timur, yang rapi, dan sudah sesuai dengan konsep Urban Tourism atau wisata urban.

Bahkan Sandiaga Uno memuji penataan Kota Madiun mirip dengan DKI Jakarta, saat dirinya masih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Salah satunya adalah Patung Merlion di Taman Sumberwangi Kota Madiun, yang tak kalah keren dengan Stasiun MRT Dukuh Atas yang akhir-akhir ini terkenal sebagai tempat Citayam Fashion Week.

"Kami sangat takjub dan terkagum-kagum karena ada Singapura di tengah Kota Madiun, dan ini adalah bagian dari urban tourism yang kita kembangkan," ucap Sandiaga Uno saat ditemui di Ngrowo Bening Edupark, usai berkeliling Kota Madiun menggunakan Mabour (Madiun Bus On Tour), Rabu (27/7/2022).

Apalagi ke depannya Sandiaga Uno mendapatkan informasi dari Wali Kota Madiun, Maidi, akan ada penggabungan Patung Merlion di timur Jalan Pahlawan dengan maket Madinah yang berada di barat Jalan Pahlawan melalui koridor bawah tanah.

Belum lagi adanya lapak-lapak UMKM di setiap kelurahan yang menurutnya bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja.

Dari situ Sandiaga tak heran jika pertumbuhan ekonomi Kota Madiun mencapai 4,73 persen, dan Kota Pecel juga menjadi daya tarik terhadap komunitas untuk menyelenggarakan MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition).

"Ada dua hal yang saya titipkan kepada pak wali, yang pertama kita harus mempunyai event nasional bahkan internasional tahunan," ucap mantan Wagub DKI Jakarta tersebut.

"Yang kedua adalah konsep kota kreatif yang akan kita kemas, yaitu warrior city. Akan kita coba uji petik terlebih dahulu dan setelah itu akan kita perkuat ekosistemnya, lalu akan kita daftarkan ke UNESCO," lanjutnya.

Di tempat yang sama, Maidi mengatakan, kedatangan Sandiaga Uno ke Kota Madiun menjadi pelecut semangat dirinya dan pelaku UMKM untuk semakin mematangkan konsep Urban Tourism.

"Apa yang dipesan pak menteri akan kami tindak lanjuti, karena di kota ini konsep saya, kepala daerah harus turun dan melayani, sehingga kemajuan ini cepat dan ini adalah kemajuan rakyat semua," kata Maidi.

"Semoga Madiun bisa menjadi percontohan, khususnya Jawa Timur di bagian barat," pungkasnya.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Madiun

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved