Berita Gresik

Cara Warga Gresik Semarakkan Hari Kemerdekaan RI, Gelar Parade Satu Rumah Satu Damar Kurung

Inilah cara warga Gresik lestarikan budaya. Mereka menggelar sebuah parade unik tentang damar kurung

Penulis: Willy Abraham | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Willy Abraham
Generasi muda lestarikan damar kurung Gresik di Desa Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Selasa (2/8/2022). 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Willy Abraham

TRIBUNJATIM.COM, GRESIK - Memperingati hari ulang tahun atau HUT Republik Indonesia ke 77, juga menjadi momentum menyemarakkan Damar Kurung. Selain mengibarkan merah putih, juga menjadi ajang memasang damar kurung di rumah.

Hal ini digagas oleh kelompok seniman dan budayawan Gresik membuat gebrakan budaya 'Satu Rumah Satu Damar Kurung'. Gerakan budaya ini, melibatkan kelompok pemuda dan karang taruna di Kelurahan Sidokumpul, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik.

"Gemerlap damar kurung membuat kampung lebih bercahaya. Sekaligus, untuk semarakkan peringatan kemerdekaan RI ke 77," kata pengrajin Damar Kurung, Ahmad Ramadan, Selasa (2/8/2022).

Menurutnya, edisi bulan Kemerdekaan ini, sengaja menghadirkan beragam corak bernuansa merah putih. Dengan cahaya dari damar kurung, membuat semarak Agustusan lebih terasa.

Ahmad menambahkan gerakan ini sebagai wujud apresiasi generasi muda demi melestarikan damar kurung. Di tengah era globalisasi dan kemajuan teknologi. Pihaknya juga melayani pesanan dari luar Gresik.

"Semoga damar kurung tetap lestari dan dinikmati generasi-generasi yang akan datang. Damar kurung sebagai warisan budaya asli Gresik," tambahnya.

Baca juga: Grebeg Suro Ponorogo 2022 Lanjut Festival Santri, Kang Giri: Kolaborasi Kota Budaya dan Kota Santri

Respon positif disampaikan Syaiful Arif warga Sidokumpul. Pada momen bulan Agustus ini juga dijadikan sarana mengapresiasi karya Masmundari.

Maestro Masmundari berhasil menuangkan ilustrasi sisi kehidupan masyarakat Gresik. Dalam sebuah lukisan 2 dimensi.

"Kepedulian warga agar Damar Kurung tetap lestari," kata dia.

Budayawan Gresik Kris Aji menyebut satu rumah satu damar kurung akan membuat generasi muda semakin bangga karya leluhur. Sebagai wadah berekspresi bagi generasi muda untuk berekspresi menuangkan ide ide kreatifnya melalui damar kurung.

"Diharapkan semakin membangkitkan generasi muda untuk berkarya dan melestarikan seni budaya yang menjadi ikon Kabupaten Gresik," kata Kris Aji.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved