Berita Jember

Terduga Pelaku Premanisme Pemicu Perusakan Rumah di Jember Ditangkap Polisi, Motif Terungkap?

Polisi menangkap terduga pelaku premanisme di Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo Kecamatan Silo. Benarkah motifnya akan terungkap?

Penulis: Sri Wahyunik | Editor: Januar
Tribun Jatim Network/Sri Wahyunik
Terungkap sudah dalang di balik kasus perusakan dan pembakaran rumah warga Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, Jember. Polisi telah menetapkan sembilan orang tersangka dalam kejadian tersebut, Sabtu (6/8/2022) malam.  

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Sri Wahyunik

TRIBUNJATIM.COM, JEMBER - Polisi menangkap terduga pelaku premanisme di Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo Kecamatan Silo, Jember. Ada empat terduga pelaku premanisme yang ditangkap dan dibawa ke Polres Jember, Minggu (14/8/2022) malam.

Keempat orang tersebut ditangkap di luar Jawa. Tiga orang ditangkap di Lahat, Sumatera Selatan, dan satu orang di Provinsi Bali. Mereka adalah ZN, SL, YN, dan AZ, semuanya warga Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo.

Sebelum menangkap empat orang ini, polisi sudah menangkap satu orang yakni AU.

Mereka semuanya diduga dalam tindakan premanisme di salah satu dusun terpencil di kawasan hutan di Kabupaten Jember.

Tindakan premanisme itu antara lain berupa mengambil 'upeti' dari petani kopi di dusun tersebut. Namun upeti yang diminta dalam batas tidak wajar.

Mereka juga ditengarai melakukan pengancaman.

Baca juga: Terungkap Sudah Dalang di Balik Perusakan dan Pembakaran Rumah Warga Jember, 9 Orang Jadi Tersangka

Akibat tindakan premanisme inilah, sejumlah warga melakukan balas dendam. Mereka membakar sejumlah rumah, dan kendaraan bermotor milik warga Dusun Baban Timur.

Warga yang tidak terlibat dalam aksi premanisme kelompok itu, ikut menjadi sasaran perusakan aset.

Kasus di Baban Timur ini mencuat ke media bermula dari kasus pembakaran rumah dan kendaraan bermotor. Setelah ditelusuri lebih lanjut, ternyata peristiwa itu merupakan aksi balas dendam dari tindakan premanisme kepada petani kopi di kawasan tersebut.

Halaman
123
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved