Berita Surabaya

Pemkot Surabaya Anggarkan Ratusan Miliar untuk Bayar BPJS Kesehatan PBI Selama 2022

Pemkot Surabaya menganggarkan sekitar Rp400 miliar untuk program BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) di 2022. Dengan bantuan ini, seluruh masy

Pemkot Surabaya
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina saat memberikan penjelasan di Surabaya beberapa waktu lalu. 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Pemkot Surabaya menganggarkan sekitar Rp400 miliar untuk program BPJS Kesehatan Penerima Bantuan Iuran (PBI) di 2022. Dengan bantuan ini, seluruh masyarakat Surabaya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan. 

BPJS Kesehatan PBI merupakan layanan bagi peserta yang tergolong fakir miskin dan orang tidak mampu. Nantinya, iuran per bulan peserta BPJS Kesehatan PBI ini akan dibayarkan oleh pemerintah.

"Jumlah anggaran di 2022 sekitar Rp400 miliar. Sedikit di atas tahun sebelumnya," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya, Nanik Sukristina di Surabaya, Minggu (4/9/2022). 

Dengan adanya intervensi tersebut, Pemkot optimistis seluruh masyarakat bisa mendapatkan akses pelayanan kesehatan optimal. Khususnya, bagi masyarakat kurang mampu atau yang masuk dalam kategori Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). 

"Sesuai dengan arahan Bapak Wali Kota (Eri Cahyadi), masyarakat Surabaya dengan hanya menggunakan KTP bisa berobat ke semua faskes. Upaya ini kami lakukan bekerjasama dengan BPJS," kata Nanik. 

Para penerima program BPJS PBI akan mendapatkan pelayanan BPJS kelas 3. Sekalipun, mereka belum masuk dalam kepesertaan BPJS. 

"Sekalipun kelas 3, pelayanannya dan obatnya pun optimal. Mungkin yang membedakan cuma fasilitasnya yang menyesuaikan kelas di masing-masing RS. Misalnya, ada yang satu ruangan harus bersama-sama dengan pasien yang lain (lebih dari satu)," katanya. 

Nanik mengungkapkan, ada 2 cara aktivasi program BPJS PBI tersebut. Bagi masyarakat belum sakit bisa mendaftar di kantor kelurahan.

Sedangkan bagi yang telah sakit, bisa langsung datang ke fasilitas pelayanan kesehatan. Di Fasilitas Layanannya kesehatan tersebut, warga kurang mampu langsung terintegrasi dengan BPJS PBI. 

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved