Berita Tuban

Tembok Warga Tuban Roboh Terdampak Normalisasi Proyek Pemkab, Dinas Terkait Diharapkan Memperbaiki

Tembok warga Tuban roboh usai terdampak normalisasi saluran air proyek pemkab, pemilik berharap dinas terkait segera memperbaiki.

Penulis: M Sudarsono | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/M Sudarsono
Tembok warga di bantaran saluran air Desa/Kecamatan Semanding, Tuban, roboh, Senin (5/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Mochamad Sudarsono

TRIBUNJATIM.COM, TUBAN - Tembok warga di bantaran saluran air Desa/Kecamatan Semanding, Tuban, roboh.

Tembok pembatas sepanjang kurang lebih 20 meter dengan tinggi sekitar 3 meter itu, terdampak proyek normalisasi saluran air, yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang-Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PUPR-PRKP) Kabupaten Tuban.

Hadi Sucipto (64), pemilik bangunan mengatakan, proyek normalisasi saluran air tersebut mulai dikerjakan pada tahun 2020 lalu.

Pada awal pengerjaan, dilakukan pengerukan terlebih dahulu. Namun seiring berjalannya waktu, proyek tersebut dihentikan hingga kurang lebih dua tahun. 

Kondisi sungai yang habis dikeruk, membuat tanah di sekitar bantaran saluran air tergerus air hujan. 

"Termasuk tembok pagar saya yang roboh sedikit demi sedikit, panjangnya kurang lebih 20 meter," terangnya, Senin (5/9/2022). 

Sambil menunjuk temboknya yang roboh, ia menjelaskan jika sudah pernah mengadu ke pemerintah desa (pemdes) dan kecamatan setempat, kemudian diarahkan ke Dinas PUPR-PRKP Tuban.

Tetapi pihak Dinas PUPR-PRKP masih belum memberikan jawaban yang pasti.

Pasca proyek normalisasi saluran air tersebut dihentikan, pada bulan Juli tahun 2022 kemarin, proyek normalisasi saluran air ini mulai dikerjakan kembali.

"Tentu harapan saya bagi dinas yang terkait segera memperbaiki, minimal mengganti tembok saya yang roboh terdampak proyek," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR-PRKP Tuban, Agung Supriyadi, menyatakan akan mengkonfirmasi hal itu kepada Bidang Sumber Daya Air (SDA) selaku yang membidangi.

"Akan saya konfirmasi dulu ke teman-teman Bidang SDA, infonya itu terkena gerusan air saat kegiatan proyek tahun 2020," pungkasnya. 

Sekadar diketahui, dalam papan proyek tertulis, proyek pembangunan saluran pembuang Desa/Kecamatan Semanding, dikerjakan oleh CV Ani Jaya dengan sumber dana dari APBD 2022 senilai Rp 277.665.000.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Tuban

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved