Berita Surabaya

Serunya Belajar STEAM dengan VR/AR di Prakarsa Lab, Unusa & PENS Buat Lab Virtual Canggih Gandeng AS

Aplikasi Prakarsa resmi diluncurkan Rabu (14/9/2022), perangkat lunak pendidikan dengan teknologi VR dan AR yang inovatif untuk STEAM.

TribunJatim.com/Ficca Ayu
Amma Liesvarastranta Haz, engineer Prakarsa Lab saat mencoba teknologi Virtual Reality di Unusa, Rabu (14/9/2022). 

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - Sebuah inovasi baru untuk dunia pendidikan hadir ditandai dengan peluncuran aplikasi Prakarsa, Rabu (14/9/2022).

Prakarsa Lab resmi diluncurkan hari ini oleh Wakil Duta Besar A.S. untuk Indonesia Michael Kleine bersama Rektor Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya ( Unusa ) Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Aliridho Barakbah, S dan Konsul Jenderal A.S. di Surabaya, Jonathan Alan.

Prakarsa Lab merupakan sebuah perangkat lunak pendidikan dengan teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) yang inovatif untuk pembelajaran Sains, Teknologi, Teknik, Seni, dan Matematika (STEAM).

Rektor Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (Unusa) Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Aliridho Barakbah, S di acara peluncuran Prakarsa Lab, Rabu (14/9/2022).
Rektor Universitas Nadhlatul Ulama Surabaya (Unusa) Prof. Dr. Ir. Achmad Jazidie, Direktur Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) Aliridho Barakbah, S di acara peluncuran Prakarsa Lab, Rabu (14/9/2022). (TribunJatim.com/Ficca Ayu)

Baca juga: 8 Perempuan Inspiratif Bicara Soal Break The Bias Konjen AS, Patahkan Stereotip dan Diskriminasi

Kecanggihan dari Prakarsa Lab

Wakil Duta Besar A.S. Michael Kleine mengatakan, aplikasi multi-platform ini memungkinkan siswa sekolah menengah di Indonesia untuk mensimulasikan eksperimen di laboratorium secara langsung menggunakan perangkat Virtual Reality (VR), aplikasi browser web (luring dan daring), dan ponsel menggunakan teknologi Augmented Reality (AR).

"Tiga platform tersebut dihadirkan untuk memberikan kemudahan akses bagi para pengguna untuk belajar berbagai macam topik STEAM melalui Prakarsa Lab," imbuhnya.

Baca juga: Podcast CurioUS Ep 9: Cerita Dubes Kim tentang Peran sebagai Duta Besar, Hobi, dan Kehidupan di AS

Masa Depan Pendidikan dan Teknologi Indonesia

Dengan diluncurkannya Prakarsa Lab, ini merupakan angin segar bagi masa depan pendidikan dan teknologi Indonesia.

“Amerika Serikat berkomitmen untuk berinvestasi di masa depan pendidikan dan teknologi Indonesia,” ujar Michael Kleine.

Lebih lanjut, perangkat lunak seperti Prakarsa Lab menunjukkan bagaimana sebuah platform teknologi dari A.S. ketika di tangan para insinyur Indonesia dapat membangun generasi penerus wirausahawan yang sukses dan berjiwa sosial.

Baca juga: 3,5 Juta Dosis Vaksin Moderna Sumbangan AS Tiba Lagi di Indonesia, Dubes Kim: Bantu Akhiri Pandemi

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved