Berita Trenggalek

Pemkab Trenggalek Akan Fokus Enam Aspek dalam Pendampingan Pembangunan Kota Cerdas

Pemkab Trenggalek akan fokus pada enam aspek dalam pendampingan pembangunan kota cerdas atau smart city dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Penulis: Aflahul Abidin | Editor: Dwi Prastika
Tribun Jatim Network/Aflahul Abidin
Para kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di Trenggalek menandatangani komitmen menjalankan program kota cerdas, Selasa (6/9/2022). 

Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Aflahul Abidin

TRIBUNJATIM.COM, TRENGGALEK - Dalam pendampingan pembangunan kota cerdas dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemkab Trenggalek memfokuskan diri pada enam aspek.

Keenam fokus itu, yakni smart governance lewat program digitalisasi pendapatan asli daerah, smart branding lewat program seratus desa wisata, dan smart living melalui program keluarga sehat yang dibawa.

Kemudian smart economy melalui program femalepreneur, smart society lewat program desa nol perkawinan anak, dan terakhir smart environment lewat adipura desa.

Wakil Bupati Trenggalek, Syah M Natanegara mengatakan, semua organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Trenggalek tengah dibimbing oleh tim dari kementerian untuk mencapai target-target kota cerdas itu.

"Saat ini masih dibimbing untuk merumuskan pendekatan apa yang paling cocok," kata Syah M Natanegara, Selasa (6/9/2022).

Syah berharap, aspek-aspek yang dipilih untuk dijalankan sebagai bagian dari kota cerdas akan membawa manfaat.

Utamanya untuk memudahkan masyarakat dalam menerima layanan.

"Alhamdulillah Kabupaten Trenggalek menjadi satu dari 50 kabupaten/kota di Indonesia yang mendapat pendampingan untuk program smart city tahun ini," kata dia.

Pembimbing Smart City untuk Kabupaten Trenggalek, Hari Kusdaryanto menjelaskan, program kota cerdas di Kabupaten Trenggalek juga diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat.

Utamanya melalui para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Bagaimana ibu-ibu di desa bisa mendapat akses melalui market place, e-commerce," kata dia.

Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

Kumpulan berita seputar Trenggalek

Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved