Berita Surabaya

PDAM Surabaya Akui 15 km Pipa Rusak Dampak Pemasangan Box Culvert, Kawasan Mana yang Terdampak?

PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menanggapi keluhan masyarakat soal kualitas air yang berkurang di sejumlah kawasan.

Penulis: Bobby Constantine Koloway | Editor: Januar
TribunJatim.com/ Bobby Constantine Koloway
Petugas PDAM Surya Sembada Surabaya melakukan perbaikan pipa di sejumlah kawasan di Surabaya. 

Laporan wartawan Tribun Jatim Network, Bobby Constantine Koloway

TRIBUNJATIM.COM, SURABAYA - PDAM Surya Sembada Kota Surabaya menanggapi keluhan masyarakat soal kualitas air yang berkurang di sejumlah kawasan.

BUMD milik Pemkot Surabaya tersebut mengakui ada sejumlah pipa yang rusak imbas pemasangan box culvert di sejumlah kawasan se-Surabaya.

PDAM Kota Surabaya pada dasarnya mendukung pembangunan saluran sebagai solusi penanganan banjir. Namun, pihaknya juga mengakui ada dampak kerusakan terhadap pipa milik PDAM di beberapa kawasan.

"Prinsipnya, kami mendukung pembangunan infrastruktur oleh Pemkot. Bagaimana pun, box culvert menjadi bagian yang vital dalam pengendalian banjir," kata Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya Arief Wisnu di awal penjelasannya, Senin (26/9/2022).

"Namun, ini ternyata juga berdampak pada pipa (PDAM). Ini cukup kami rasakan, bukan hanya satu kawasan. Namun, hampir semua. Terutama, saat masuk di semester kedua," katanya.

Berdasarkan data dari Mei hingga September, kerusakan terjadi hampir di seluruh zona kawasan pelayanan PDAM. Di antaranya, ada di Ambengan, kawasan Ampel, hingga Nyamplungan.

Kerusakan terjadi mulai dari pipa ukuran 80-450 mm. "Artinya, tidak hanya pipa tersier namun juga pipa sekunder, pipa besar. Total (panjang) kerusakan sampai dengan Agustus mencapai 15 km," katanya.

Menurut sejumlah laporan yang diterima pihaknya, pelanggan mengeluhkan mengecilnya debit air, keruh, hingga tersumbat. "Kepada pelanggan kami, para warga Surabaya, kami memohon maaf. Kami langsung koordinasi," katanya.

Terkait dengan masalah tersebut, PDAM telah menerjunkan 120 petugas. Mereka terbagi dalam tim yang melakukan perbaikan pipa dan pendampingan kepada kontraktor box culvert.

Terkait kerusakan, pipa tersebut lantas diganti. "Target kami, kalau ada pipa yang putus akibat pengerjaan box culvert, maksimal satu hari harus sudah selesai," katanya.

Baca juga: Warga Surabaya Sambat Air Keruh hingga Mampet, Diduga Pipa PDAM Terimbas Pemasangan Box Culvert

Masalahnya, kerusakan pipa di satu titik berimbas ke titik lain. "Faktanya, ketika satu titik diperbaiki, putus lagi di titik berikutnya. Sehingga, akhirnya diselesaikan dalam lebih dari satu hari," katanya.

Selain itu, pihaknya juga menyiagakan truk tangki untuk penyediaan air bersih selama 24 jam. "Apabila memang dibutuhkan, pelanggan bisa menghubungi kami untuk bantuan truk tangki," katanya.

Sebagai antisipasi ke depan, pihaknya juga berkoordinasi dengan pihak pengembang. "Kami punya peta gambar yang bisa digunakan sebagai acuan antisipas," katanya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jatim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved